Gelar Unjuk Rasa, Pengungsi Afganistan Minta Dipindahkan ke Negara Lain

Dodi Caniago
- Kamis, 21 Oktober 2021 | 20:50 WIB
Pengungsi atau pencari suaka asal Afganistan sedang melakukan demo di kantor DPRD Kota Batam, Kamis 21 Oktober 2021. (damri/haluankepri.com)
Pengungsi atau pencari suaka asal Afganistan sedang melakukan demo di kantor DPRD Kota Batam, Kamis 21 Oktober 2021. (damri/haluankepri.com)

HARIANHALUAN.COM - Lebih dua tahun tinggal di pengungsian, puluhan pencari suaka asal Afghanistan minta dipindahkan ke negara yang bersedia menampung mereka.

Baca Juga: Setelah Bupati Kuansing, Seorang Kades dan Kaur Kena OTT di Riau

Tuntutan tersebut mereka sampaikan saat berunjuk rasa di kantor DPRD Kota Batam, Kamis 21 Oktober 2021. Selama ini mereka tinggal di Apartemen Sekupang dan Hotel Kolekta Batam.

Dalam melakukan aksi tersebut masing-masing mereka membawa sebuah kertas bertuliskan "Why no one cares regarding the future of refuges" yang berarti, mengapa tidak peduli dengan masa depan para pengungsi.

Abdul Hakhi, salah seorang imigran yang melakukan demo tersebut mengatakan, tujuan dari kedatangan ke gedung DPRD Kota Batam itu adalah meminta kepada Pemerintah Indonesia memindahkan mereka ke negara lain.

"Tujuan kami adalah meminta bantuan dari Pemerintah Indonesia agar kami bisa diproses untuk pindah ke negara ketiga, yakni ke negara lain yang mau menampung kami, selain negara asal kami sendiri, Afghanistan,"Abdul seperti dilansir haluankepri.com.

Ditegaskannya, dia mohon dan meminta kepada Pemerintah Indonesia untuk memindahkan mereka ke negara lain yang mau menampungnya.

"Tetapi, tidak ke negara asal kami, Afghanistan. Tolonglah kami, kami ini ingin secepatnya diproses pindah negara, karena kami sudah bertahun-tahun disini," ungkapnya.

Disebutkannya, pihaknya sudah pernah menyuarakan maksud tersebut kepada pihak Imigrasi Kota Batam.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: haluankepri.com

Tags

Terkini

X