Geruduk Istana, Ini Selusin Tuntutan BEM SI pada Jokowi

Dodi Caniago
- Kamis, 21 Oktober 2021 | 21:45 WIB
Demo BEM SI peringati 7 tahun pemerintahan Presiden Jokowi di kawasan Patung Kuda, Kamis (21/10/2021). (Suara.com/Yaumal Asri)
Demo BEM SI peringati 7 tahun pemerintahan Presiden Jokowi di kawasan Patung Kuda, Kamis (21/10/2021). (Suara.com/Yaumal Asri)

HARIANHALUAN.COM - Teriakan "Jokowi mundur" berkumandang dari kalangan mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI saat berunjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: Gelar Unjuk Rasa, Pengungsi Afganistan Minta Dipindahkan ke Negara Lain

Selain menyampaikan aspirasinya lewat orasi sambil menyanyikan "Mundur, mundur, Jokowi" , ribuan massa aksi mahasiswa itu juga membawa sejumlah poster bertuliskan kritikan kepada Jokowi seperti; '7 Tahun Jokowi Khianati Rakyat, 'Gruduk Istana Oligarki', '7 Tahun Jokowi Khianati Rakyat', dan 'Reformasi Habis Dikorupsi Oligarki'.

Massa aksi perwakilan mahasiswa dari berbagai pergirun tinggi di tanah air ini juga menyoroti pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan dibuatnya UU KPK.

Pada orasi mewakili rekan-rekannya, Presiden BEM Universitas Sebelas Maret (UMS) Zakky Musthofa menyampaikan, korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa. Oleh karena itu, lanjutnya, mahasiswa hadir sejak 2019 menyampaikan kritik atas adanya UU KPK di Jakarta yang keberadaannya memperlemah lembaga antirasuah tersebut.

 "KPK diperlemah, kita melihat bahwa korupsi ini adalah kejahatan yang luar biasa yang harus kita lawan. Semenjak 2019 kita hadir menolak UU KPK," ujar koordinator aksi itu, seperti dilansir suara.com.

Dalam aksi "Geruduk Istana Oligarkhi" tersebut, BEM SI menyampikan selusin atau 12 tuntutan kepada Presiden Jokowi.

Melalui siaran langsung pada halaman Instagram, BEM SI menyebutkan bahwa banyak janji kampanye Jokowi yang harus dipenuhi dan kekurangan yang perlu diperbaiki.

Selusin tuntutan rakyat yang dimaksud oleh pihak BEM SI dalam aski Last Season Jokowi tersebut adalah;

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Suara.com

Terkini

Puan Maharani: Pelecehan Seksual Jangan Jadi Kebiasaan

Minggu, 28 November 2021 | 10:55 WIB

4 Kasus Penyerangan Polisi di Indonesia Tahun 2021

Minggu, 28 November 2021 | 08:46 WIB

Tak Hanya PNS, Karyawan BUMN Juga Dilarang Cuti Nataru

Minggu, 28 November 2021 | 08:10 WIB
X