Pesawat Berputar-putar Belasan Kali di Langit Bandung, Ada Apa?

Milna Miana
- Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:55 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Cuaca ektrem yang melanda memicu pesawat berputar-putar belasan kali di atas Bandara Husein Sastranegara. Lantas, apakah penyebab fenomena tersebut?.

Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Iwan Winaya menjelaskan, aksi pesawat yang berputar-putar itu memang standar yang harus dilakukan ketika terjadi cuaca buruk di sekitar kawasan pendaratan hingga menyebabkan penglihatan terbatas.

Baca Juga: Naik Pesawat Wajib PCR, Puan Maharani: Harga Tes harus Lebih Murah dan Selesai Cepat

"Visibility (penglihatan) saat itu hanya 1.000 meter, sedangkan untuk landing (mendarat) minimalnya itu 1.800 meter," kata Iwan dikutip dari Suara.com, Jumat (22/10/2021).

Adapun fenomena pesawat yang berputar di langit kawasan Bandung timur itu terjadi pada Kamis (21/10) malam. Sebagian besar wilayah Bandung pada saat itu memang dilanda hujan deras.

Baca Juga: Syarat Naik Pesawat Wajib PCR, Puan Minta Pemerintah Dengarkan Keluhan Masyarakat

Selain hujan deras, saat itu pun di sejumlah wilayah Bandung terjadi fenomena angin kencang hingga menyebabkan sejumlah pohon tumbang.

Iwan mejelaskan pada akhirnya, pesawat yang membawa 85 penumpang dengan keberangkatan dari Medan (KNO) menuju Bandung (BDO) itu akhirnya mendarat dengan selamat di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat.

Menurut Iwan, adanya cuaca ekstrem itu tidak musti membuat pesawat perlu berputar-putar terlebih dahulu. Karena pesawat menurutnya bisa mendarat meski cuaca ekstrem apabila penglihatan tetap bagus.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

Dibuka Rekrutmen Tamtama TNI AU 2022, Lulusan SMP

Minggu, 5 Desember 2021 | 09:15 WIB

Geologi ESDM Ungkap Penyebab Meletusnya Gunung Semeru

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:15 WIB

41 Orang Alami Luka Bakar Akibat Erupsi Gunung Semeru

Sabtu, 4 Desember 2021 | 23:15 WIB
X