KPK Geledah Ruang Tahanan Bupati Kuantan Singingi, Ini Penyebabnya

- Senin, 25 Oktober 2021 | 08:54 WIB
Ilustrasi (Foto: Pixabay)
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

HARIANHALUAN.COM - Sosial media dibuat heboh oleh unggahan Facebook tahanan Maling Uang Rakyat (koruptor) yakni Bupati Kuantan Singingi, Andi Putra.

Usai unggahan tersebut viral, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung menggeledah ruang tahanan tersangka dugaan suap tersebut.

“Petugas Rutan KPK telah langsung melakukan penggeledahan di kamar tahanan dimaksud, dan tidak menemukan peralatan komunikasi apapun,” ujar Plt Juru Bicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, dikutip dari pikiran-rakyat.com dengan judul KPK Geledah Ruang Tahanan Bupati Kuantan Singingi Usai Adanya Unggahan di Medsos.

Kemudian, saat proses penggeledahan, Ali mengatakan, Andi Putra juga dimintai keterangan terkait unggahan di akun Facebook tersebut. Namun, Andi mengaku tak membawa ponsel ke dalam ruang tahanan.

“Tersangka AP juga menyatakan dalam surat pernyataannya bahwa dirinya bukan yang menulis pesan status dalam medsos dimaksud,” kata Ali, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman PMJ News.

Lebih lanjut, pada kesempatan yang sama, Ali menekankan penggunaan ponsel dilarang untuk tahanan. Larangan membawa ponsel untuk tahanan diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 6 Tahun 2013.

Dalam hal ini, Ali pun memastikan keamanan rutan KPK dijaga oleh petugas 1x24 jam dan dipantau melalui berbagai kamera pengawas. KPK memeriksa secara detail dan berlapis kepada setiap tahanan yang akan masuk ke Rutan KPK.

“Oleh karena itu, terkait adanya postingan di akun media sosial tahanan KPK tersebut, bisa dimungkinkan hal itu dilakukan oleh orang lain,” katanya.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Andi Putra bersama General Manager PT Adimulia Agrolestari (AA) Sudarso (SDR) sebagai tersangka.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Terkini

Pulihkan Lokasi Bekas Tambang, Jokowi Tanam Pohon

Rabu, 8 Desember 2021 | 19:51 WIB

Jokowi Resmikan Bandara Tebelian di Sintang

Rabu, 8 Desember 2021 | 15:15 WIB

Farid Okbah Resmi Ditahan Polisi 120 Hari ke Depan

Rabu, 8 Desember 2021 | 12:15 WIB

Diungkap, Begini Hasil Tes Kejiwaan Siskaeee

Rabu, 8 Desember 2021 | 11:30 WIB

Astra Buka Lowongan Kerja Lulusan S1, Ayo Daftar

Rabu, 8 Desember 2021 | 09:55 WIB

Bansos Tunai Cair Lagi, Jumlahnya Sampai Rp3 Juta

Rabu, 8 Desember 2021 | 09:45 WIB

KSAD Temui Menko Polhukam Bahas Pengamanan Papua

Rabu, 8 Desember 2021 | 08:55 WIB
X