Soal Pelita Air Gantikan Garuda, Erick Thohir: Kita Terus Berjuang

Milna Miana
- Senin, 25 Oktober 2021 | 13:39 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Erick Thohir angkat bicara terkait Pelita Air akan menggantikan Garuda. Dia menyebutkan, saat ini masih dilakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan maskapai penerbangan nasional, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA).

Salah satu opsi yang mengemuka saat ini adalah penyelamatan melalui PT Pelita Air. Namun hingga saat ini Kementerian BUMN masih belum memberikan kejelasan terkait dengan opsi ini.

Baca Juga: Mantan Komisaris Bongkar 'Borok' Garuda Indonesia

Juru Bicara dan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan saat ini berbagai upaya negosiasi tengah dilakukan dengan pihak-pihak yang memiliki piutang kepada Garuda.

"Soal opsi mengenai Pelita itu nanti lah ya. yang utama sebenarnya adalah kita sekarang ini berusaha terus berjuang dan untuk bisa bernegosiasi dengan para lessor, pihak-pihak yang memiliki piutang dengan Garuda itu yang utama dan opsi itu yang pertama ya, kita dahulukan," kata Arya, dikutip dari CNBC Indonesia, Senin (25/10/2021).

Baca Juga: Skor Akhir Timnas Indonesia vs Taiwan, Garuda Menang 2-1

Selain opsi melalui Pelita Air, Arya menyebut terbuka beberapa opsi lain seperti bantuan pendanaan dari penyertaan modal negara (PMN). Sebagai catatan PT Pelita Air Service, adalah maskapai penerbangan nasional di Indonesia dengan induk Pertamina.

Hanya saja, Arya menegaskan, opsi ini dikesampingkan lantaran Kementerian saat ini tidak menyarankan BUMN untuk sedikit-sedikit disuntik oleh pemerintah.

"Kita harus membangun yang namanya BUMN-BUMN yang sehat jadi kita nggak berusaha untuk, belum ada usaha lah untuk menyuntikkan lagi karena kalau disuntikkan juga akan membuat akan sangat banyak kebutuhan anggaran untuk garuda jadi lebih baik," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Ternyata Begini Karakter Kepemimpinan Puan Maharani

Sabtu, 27 November 2021 | 11:10 WIB
X