Tingkatkan Produktivitas UMK, PLN Kembangkan Gerobak Motor Listrik

Milna Miana
- Selasa, 26 Oktober 2021 | 09:43 WIB
Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini saat menyerahkan gerobak motor listrik.
Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini saat menyerahkan gerobak motor listrik.

DENPASAR, HARIANHALUAN.COM - Melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PLN berinovasi dalam mengembangkan program gerobak motor listrik untuk meningkatkan produktivitas usaha mikro kecil (UMK). Program gerobak motor listrik ditujukan agar pelaku UMK dapat lebih hemat pada sisi operasional bahan bakar serta lebih ramah lingkungan.

Program ini ditandai dengan penyerahan bantuan 11 unit gerobak motor listrik atau Molis Booth senilai Rp 751.132.800, oleh Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, kepada 11 pelaku UMK di Bali, Senin (25/10). 

Baca Juga: PLN dan Kemendes Kolaborasi Dongkrak Kesejahteraan Desa Lewat Listrik

"UMK merupakan salah satu garda terdepan dalam pembangkit ekonomi masyarakat, apalagi setelah pandemi. Oleh karena itu, PLN Peduli secara nasional menyiapkan sebanyak 77 unit molis booth senilai total Rp 5 miliar khusus untuk membantu para pelaku UMK agar dapat meningkatkan produktivitas," jelas Zulkifli Zaini.

Zulkifli juga menambahkan, moda transportasi gerobak motor listrik ini diharapkan mampu mendorong kendaraan listrik berbasis baterai sebagai solusi transportasi yang zero pollution sehingga menarik minat masyarakat untuk beralih dari kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke listrik.

Baca Juga: PLN, Kementerian ATR/BPN dan KPK Kolaborasi Selamatkan Aset Negara Rp102 Miliar di NTT

Pada kesempatan yang sama, General Manager PLN UID Bali I Wayan Udayana menjelaskan, program penyerahan gerobak motor listrik ini dimaksudkan untuk membantu meningkatkan omset UMK di tengah pandemi COVID-19 melalui strategi perluasan pemasaran dan efisiensi operasional dengan memanfaatkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

“Kami berharap melalui penyaluran bantuan ini, UMK dapat meningkatkan perekonomiannya sekaligus berkontribusi terhadap penggunaan moda transportasi yang green atau lebih bersih,” ungkap Udayana.

Udayana juga menjelaskan demi mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), PLN mencanangkan program yang berbasis pada Creating Shared Value (CSV) yakni dalam berbisnis juga memperhatikan masalah dan kebutuhan sosial dalam perancangan strategi perusahaan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Ternyata Begini Karakter Kepemimpinan Puan Maharani

Sabtu, 27 November 2021 | 11:10 WIB
X