Bukan Sarjana IT, Ini Lowongan Kerja Paling Dicari di Indonesia

Milna Miana
- Rabu, 27 Oktober 2021 | 12:30 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Seiring berjalannya waktu perkembangan teknologi kian pesat mendorong perubahan pada dunia pekerjaan saat ini. Buktinya, kebutuhan untuk lulusan pendidikan teknologi informasi, dari SMA hingga perguruan tinggi pada perusahaan di Indonesia semakin bertambah.

Pekerjaannya pun beragam. Enda Nasution, Co-founder dan CMO Hipajak menjelaskan dari sisi developer terbagi atas front end dan back end. Beberapa juga ada yang mencari bisa semuanya sekaligus.

Baca Juga: Info Loker, Palang Merah Indonesia Buka Lowongan Kerja untuk D3-S1

Berikutnya yang berhubungan dengan tampilan. Menurutnya ini tidak terlalu berhubungan dengan IT namun juga dengan desain.

"Berhubungan dengan user interface dan user experience. Biasanya setengah berhubungan dengan design. Enggak harus dari lulusan IT makanya, bisa juga dari lulusan design tapi dia harus mengerti IT-nya," kata Enda dari CNBC Indonesia, Rabu (27/10/2021).

Baca Juga: Dear Pencaker, Ada Lowongan Kerja Lagi dari BPJS Kesehatan

Berikutnya adalah olah data yakni data scientist serta berhubungan dengan maintaining system. Selain itu juga ada yang pekerjaan berhubungan dengan keamanan, apalagi dengan banyak masalah kebocoran data dan website serta aplikasi yang bisa diretas.

Kemudian ada juga yang berurusan dengan analisis. Mereka akan membuat analisa dan konsep kebutuhan klien, seperti planner atau thinker untuk pengembangan.

Soal gaji, Enda mengatakan tergantung dari pengalaman, perusahaan serta wilayah tempat bekerja. Kemungkinan untuk Jakarta di perusahaan yang sudah unicorn dan tetap bisa di atas Rp 10 juta mulai dari entry level.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Puan Maharani: Pelecehan Seksual Jangan Jadi Kebiasaan

Minggu, 28 November 2021 | 10:55 WIB

4 Kasus Penyerangan Polisi di Indonesia Tahun 2021

Minggu, 28 November 2021 | 08:46 WIB

Tak Hanya PNS, Karyawan BUMN Juga Dilarang Cuti Nataru

Minggu, 28 November 2021 | 08:10 WIB
X