Pemerintah Suntikan Vaksin Booster ke Masyarakat Tahun Depan

Milna Miana
- Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:07 WIB
Menkes Budi Sadikin.
Menkes Budi Sadikin.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah berencana untuk memberikan vaksinasi booster pada tahun depan. Saat ini calon vaksin yang akan dipakai menjadi booster sedang dikaji oleh lembaga penelitian yang bekerjasama dengan ITAGI.

Penelitian tersebut dilakukan untuk melihat kombinasi booster mana yang paling baik untuk diberikan. Misalnya Sinovac - Sinovac - Sinovac, atau AstraZeneca, maupun Pfizer. Begitupun dengan kombinasi vaksin Covid-19 lainnya yang diterima masyarakat.

Baca Juga: Komitmen Amankan Stok, Indonesia Terima Kedatangan Vaksin Tahap ke-100

"Penelitian ini sedang berjalan dan diharapkan pada akhir tahun bisa selesai dan menjadi basis bagi kita mengambil kebijakan untuk kedepannya," ujar Menkes Budi dikutip dari Okezone.com, Rabu (27/10/2021).

Menkes Budi melanjutkan bahwa beberapa negara lain juga sudah melakukan suntikan booster kepada warganya. Setidaknya ada tujuh negara yang sudah melakukan vaksinasi booster. Vaksinasi booster tersebut juga telah sesuai dengan saran Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Indonesia Terima Dukungan Vaksin dari Selandia Baru

"Vaksin booster akan diberikan ke kalangan masyarakat yang berisiko tinggi dan yang mengalami defisiensi imunitas, yaitu yang berisiko tinggi seperti nakes dan lansia. Sedangkan masyarakat yang masuk dalam kategori terganggu imunitasnya adalah masyarakat yang terkena HIV dan juga kanker," tuntasnya. (*)

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Puan Maharani: Pelecehan Seksual Jangan Jadi Kebiasaan

Minggu, 28 November 2021 | 10:55 WIB

4 Kasus Penyerangan Polisi di Indonesia Tahun 2021

Minggu, 28 November 2021 | 08:46 WIB

Tak Hanya PNS, Karyawan BUMN Juga Dilarang Cuti Nataru

Minggu, 28 November 2021 | 08:10 WIB
X