ASEAN-Jepang Percepat Kerjasama Pembangunan Infrastruktur

Milna Miana
- Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:40 WIB
Menlu, Retno. Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden
Menlu, Retno. Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu sektor yang berpotensi menjadi fokus kerja sama ASEAN dengan Jepang. Jepang sendiri merupakan mitra terbesar ASEAN dalam bidang infrastruktur.

Saat berpidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-24 ASEAN-Jepang secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu, 27 Oktober 2021, Presiden Joko Widodo mendorong agar kerja sama dalam sektor infrastruktur tersebut terus dilanjutkan.

Baca Juga: Jokowi: Peluang Kemitraan ASEAN-ROK di Bidang Ekonomi Hijau dan Digital Sangat Besar

"Dari data yang ada, setidaknya saat ini Jepang memiliki beberapa proyek yang sedang berjalan dengan nilai USD259 miliar di beberapa negara ASEAN termasuk Indonesia," ujar Presiden Jokowi dalam keterangan tertulisnya.

Presiden meyakini bahwa infrastruktur berpotensi menggerakkan roda perekonomian kawasan serta menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Infrastruktur dan konektivitas juga merupakan salah satu prioritas kerja sama konkret di bawah ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.

Baca Juga: Jokowi Ingin ASEAN Jadi Lokomotif Stabilitas dan Kesejahteraan Kawasan

"ASEAN-Jepang memiliki pengalaman kerja sama yang cukup panjang dalam pembangunan infrastruktur. Pemerintah Jepang telah lama terlibat mendukung implementasi Master Plan on ASEAN Connectivity (MPAC)," lanjutnya.

Tahun 2023 Indonesia berencana untuk menyelenggarakan Forum Infrastruktur Indo-Pasifik. Presiden Jokowi yakin Jepang akan mendukung penyelenggaraan forum tersebut.

"Kemitraan dengan sektor swasta Jepang pun menjadi penting, khususnya dalam hal transfer ilmu dan teknologi, dan mobilisasi pembiayaan," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Waspada! Gunung Semeru Erupsi Lagi, Durasi 480 Detik

Senin, 6 Desember 2021 | 14:45 WIB
X