Bocor Lagi, Sekarang Giliran KPAI jadi Korban Hacker

Milna Miana
- Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:55 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kasus kebocoran data yang terjadi pada instansi pemerintahan kembali terjadi. Hal ini semakin membuktikan bahwa masalah keamanan data sangat penting dan harus menjadi prioritas pemerintah, terutama ketika instansi yang bersangkutan memutuskan untuk mengumpulkan data masyarakat secara digital.

Beberapa hari lalu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengalami peretasan yang berakibat pada pencurian data. Data ini kemudian dijual secara daring di situs Raid Forums oleh seseorang dengan menggunakan nama pengguna C77.

Baca Juga: Ribuan Sekolah Klaster Covid-19, KPAI: Tinjau Ulang Pelaksanaan PTM Terbatas!

Database milik KPAI yang diperjualbelikan tersebut bertuliskan “Leaked Database KPAI”. Akun bernama C77 itu mengunggah postingan pada 13 Oktober 2021. Bahkan, dia memperlihatkan sample data yang didapatkan.

Berdasarkan penelusuran, pelaku menawarkan dua file database untuk dijual, yakni kpai_pengaduan_csv dan kpai_pengaduan2_csv. Dia pun menawarkan harga sekitar Rp35.000 per data yang dijual.

Baca Juga: Saipul Jamil Diliput Besar-besaran oleh Media, KPAI: Itu Perbuatan Tercela

Dari sejumlah sampel data yang diberikan oleh pelaku, tertulis lengkap informasi penting dan rawan disalahgunakan, yakni nama, nomor identitas, kewarganegaraan, HP dan telepon, identitas lain seperti agama, pekerjaan, pendidikan, alamat, email, tempat tanggal lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, dan usia.

Pengamat keamanan siber dari Vaksincom, Alfons A Tanujaya, mengungkapkan data yang dijual tersebut menurut pengecekan Vaksincom data kependudukan yang sah.

Dia pun menyebutkan, peretasan merupakan sebuah keniscayaan. Oleh karenanya, siapapun yang mengelola data seharusnya bertanggung jawab menjaga data tersebut dengan sebaik mungkin. Menurut Alfons, hal ini memang butuh kerja keras dan usaha yang tidak berkesudahan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Puan Maharani: Pelecehan Seksual Jangan Jadi Kebiasaan

Minggu, 28 November 2021 | 10:55 WIB

4 Kasus Penyerangan Polisi di Indonesia Tahun 2021

Minggu, 28 November 2021 | 08:46 WIB

Tak Hanya PNS, Karyawan BUMN Juga Dilarang Cuti Nataru

Minggu, 28 November 2021 | 08:10 WIB
X