Cuma Sampai Akhir Oktober 2021, Begini Cara Cek Bantuan Subsidi Upah

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:30 WIB
Ilustrasi (Elang Kharisma Dewangga)
Ilustrasi (Elang Kharisma Dewangga)

 

HARIANHALUAN.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bakal menuntaskan penyaluran program bantuan subsidi upah (BSU) bagi pekerja/buruh hingga akhir Oktober 2021. Simak cara cek bantuan subsidi upah melalui situs bsu.kemnaker.go.id.

Berdasarkan situs indonesia.go.id, penyaluran BSU hingga akhir September 2021 sudah 6,69 juta pekerja dari target sebanyak 8,8 juta yang menerima subdisi gaji tersebut. Adapun, total anggaran yang disediakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KC-PEN) untuk Program BSU pada tahun ini sebesar Rp8,7 triliun bagi 8.783.350 pekerja terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: 1.955 Personel Keamanan Dikerahkan Jaga Demonstrasi di Istana Negara Hari Ini

Menaker RI Ida Fauziyah mengatakan tahap 5 sedang dalam proses penetapan penerima BSU dan akan segera dicairkan ke masing-masing rekening penerima. "Kita prioritaskan penerima BSU ini tidak menerima program lain, sehingga ada pemerataan penyaluran berbagai bantuan pemerintah yang telah dikeluarkan oleh pemerintah," kata Ida seperti dikutip dari situs bisnis.com, Kamis (28/10/2021).

Lantas, Apa saja syarat bagi pekerja/buruh yang berhak menerima bantuan subsidi upah (BSU)?
1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan nomor induk kependudukan (NIK)
2. Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) sampai Juni 2021
3. Mempunyai gaji/upah paling banyak sebesar Rp3,5 juta 4. Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level
4 yang ditetapkan pemerintah
5. Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali
6. Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sektoral BPJSTK).
Simak! Cara cek penerima bantuan subsidi upah (BSU)

Pencairan bagi beberapa karyawan atau pekerja sudah menerima rekening baru (bank non-Himbara) yang sebelumnya telah dilakukan aktivasi pembukaan rekening kolektif oleh perusahaan tersebut.

Apabila sudah dilakukan aktivasi oleh Bank Himbara, maka pekerja yang lolos kriteria dan dinyatakan berhak menerima BSU atau BLT Subsidi Gaji sudah bisa mengambil dana bantuan sebesar Rp1 juta di rekening ATM masing-masing penerima, sebagaimana telah ditentukan dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) nomor 16 t2021.

Adapun, hanya lima rekening di bank anggota Himbara yakni Mandiri, BRI, BNI, BTN dan Bank Syariah Indonesia (BSI). Untuk tahun ini, penerima BSU yang tidak memiliki rekening bank tersebut akan dibuatkan rekening baru di bank Himbara. Para pekerja/buruh juga dapat mengecek di laman https://bsu.kemnaker.go.id/.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Kemenaker

Tags

Terkini

Daihatsu Ramaikan Pameran GIIAS 2021 di Surabaya

Kamis, 9 Desember 2021 | 14:15 WIB

Pulihkan Lokasi Bekas Tambang, Jokowi Tanam Pohon

Rabu, 8 Desember 2021 | 19:51 WIB

Jokowi Resmikan Bandara Tebelian di Sintang

Rabu, 8 Desember 2021 | 15:15 WIB

Farid Okbah Resmi Ditahan Polisi 120 Hari ke Depan

Rabu, 8 Desember 2021 | 12:15 WIB

Diungkap, Begini Hasil Tes Kejiwaan Siskaeee

Rabu, 8 Desember 2021 | 11:30 WIB
X