BMKG Sebut Gempa Besar Merupakan Siklus dan Pasti Terulang

Heldi Satria
- Kamis, 28 Oktober 2021 | 15:25 WIB
BMKG
BMKG


HARIANHALUAN.COM - Masyarakat digemparkan dengan informasi potensi gempa bumi bermagnitudo 8,7 dan tsunami setinggi 29 meter di sepanjang pesisir selatan Jawa Timur. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, proses penelitian hingga mengerucut kepada kesimpulan adanya potensi gempa dahsyat tersebut berdasarkan dua tahap kajian.

"Tahap pertama adalah menentukan magnitudo tertarget di segmen megathrust selatan Jawa Timur," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dikutip dari merdeka.com.

Baca Juga: Naik Tipis, Harga Emas Hari Ini Rp930.000 per Gram

Sedangkan tahap kedua adalah menjadikan magnitudo gempa tertarget yang dihasilkan tersebut, selanjutnya dimodelkan dampaknya berupa tsunami yang mungkin terjadi dari inputan magnitudo tertarget tersebut.

Dari situ, kemudian simulasi virtual berlanjut pada dampak dengan skala yang lebih luas termasuk di dalamnya arak landasan tsunami di daratan.

Menurut Daryono, perulangan gempa besar secara konseptual ada dan pasti terjadi. Hal ini lantaran peristiwa gempa besar adalah merupakan sebuah siklus.

Berikut wawancara khusus merdeka.com dengan Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono:

Terkait potensi gempa magnitudo 8,7 diikuti tsunami 29 meter di pesisir selatan Jawa Timur. Bagaimana proses penelitian sehingga mengerucut kepada kesimpulan potensi gempa tersebut?

Proses penelitian hingga muncul kesimpulan potensi gempa magnitudo 8,7 diikuti tsunami 29 meter di pesisir selatan Jawa Timur ini melalui dua tahap kajian, di mana tahap pertama adalah menentukan magnitudo tertarget di segmen megathrust selatan Jawa Timur, dan kedua menjadikan magnitudo gempa tertarget yang dihasilkan tersebut, selanjutnya memodelkan tsunami yang mungkin terjadi dari input-an magnitudo tertarget tersebut.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Merdeka.com

Tags

Terkini

Daihatsu Ramaikan Pameran GIIAS 2021 di Surabaya

Kamis, 9 Desember 2021 | 14:15 WIB

Pulihkan Lokasi Bekas Tambang, Jokowi Tanam Pohon

Rabu, 8 Desember 2021 | 19:51 WIB

Jokowi Resmikan Bandara Tebelian di Sintang

Rabu, 8 Desember 2021 | 15:15 WIB

Farid Okbah Resmi Ditahan Polisi 120 Hari ke Depan

Rabu, 8 Desember 2021 | 12:15 WIB

Diungkap, Begini Hasil Tes Kejiwaan Siskaeee

Rabu, 8 Desember 2021 | 11:30 WIB
X