Usai Lawatan ke Luar Negeri, Presiden Jokowi Langsung Karantina Selama 3 Hari

Heldi Satria
- Jumat, 5 November 2021 | 13:10 WIB
Usai Lawatan ke Luar Negeri, Presiden Jokowi Langsung Karantina Selama 3 Hari
Usai Lawatan ke Luar Negeri, Presiden Jokowi Langsung Karantina Selama 3 Hari

 

HARIANHALUAN.COM - Usai sepekan melakukan lawatan ke luar negeri sejak 29 Oktober 2021 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya tiba di Tanah Air dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia-1, Jumat (5/11) sekitar pukul 08.30 WIB.

Mengutip keterangan biro pers Sekretariat Presiden, Jumat (5/11), tidak seorang pun pejabat menjemput kedatangan kepala negara dari luar negeri. Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan sesuai aturan yang berlaku, setiap warga negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari perjalanan luar negeri diwajibkan menjalani karantina.

Baca Juga: Banjir Bandang di Kota Batu, PLN Berhasil Pulihkan Pasokan Listrik ke 26.236 Pelanggan

"Oleh karenanya, Bapak Presiden meminta kepada kami agar tidak perlu ada penjemputan, karena setibanya di Tanah Air, Bapak Presiden akan langsung melaksanakan karantina mandiri di Istana Kepresidenan Bogor dengan perangkat melekat," ucap Heru dikutip dari merdeka.com.

Selama menjalani karantina, Presiden Jokowi akan tinggal terpisah dari keluarganya yang ada di Wisma Bayurini sesuai dengan prosedur tempat karantina.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito, juga membenarkan bahwa Presiden akan melaksanakan karantina mandiri.

"Kami, Satuan Tugas Penanganan Covid memberikan diskresi kepada pejabat setingkat Menteri ke atas untuk melaksanakan karantina mandiri," ucap Ganip.

Meski Jokowi melaksanakan karantina mandiri, Jokowi tetap diwajibkan tes PCR setibanya di tempat karantina. Selain itu, wajib menggunakan masker dan menghindari kegiatan tatap muka, serta melakukan tes PCR di hari ketiga.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Merdeka.com

Tags

Terkini

Dedi Mulyadi: Kajati Terima Suap Harus Dipecat

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:30 WIB

5 Juta Vaksin Sinovac Tiba di Tanah Air

Selasa, 18 Januari 2022 | 14:15 WIB

Picu Banjir, Warga Minta Tanggung Jawab PT Timah

Selasa, 18 Januari 2022 | 03:35 WIB
X