Soal Islam Muhammadiyah, Ketua Bamusi PDIP: Guyonan Saya Digoreng Lagi

Milna Miana
- Senin, 8 November 2021 | 10:30 WIB
Ketua Bamusi PDIP, Zuhairi Misrawi
Ketua Bamusi PDIP, Zuhairi Misrawi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Bamusi PDIP, Zuhairi Misrawi menuding, video lama saat ia menjadi pemateri seminar digoreng oleh pihak tidak bertanggung jawab. Dia menilai, ucapan tentang 'Islam Muhammadiyah tidak benar' telah dipelintir pihak tertentu untuk menyudutkannya.

"Guyonan saya dalam sebuah seminar bersama kader Muhammadiyah digoreng lagi. Saya saat itu sebagai cendekiawan NU. Dalam sebuah seminar, kami biasa saling lempar guyonan. Oh democrazy ala buzzer...," kata Zuhairi lewat akun Twitter, @zuhairimisrawi dikutip dari Republika.co.id, Senin (8/11).

Baca Juga: Santri Pontren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang Wisata Edukasi ke Serambi Milk

Zuhairi yang segera menjadi Dubes RI untuk Tunisia itu menyebut, video yang viral itu berisi candaan. Gus Mis, sapaan akrabnya, mengaku, dalam seminar malah mengingatkan agar jangan sampai ada kelompok umat Islam merasa paling benar. Hal itu juga berlaku bagi anggota Nahdlatul Ulama (NU) jangan merasa paling benar sendiri.

"Saya mengatakan, saat itu, dalam seminar aya justru bilang dalam seminar bahwa dalam beragama, kita harus rendah hati. Jangan menganggap diri yang paling benar. Saya NU, tapi saya tidak pernah menganggap saya yang paling benar. Begitu pula umat dan agama yang lain. Lalu, saya bikin joke itu. Abis itu saya dibalas joke," kata Zuhairi.

Baca Juga: Keluarga Besar MAN 2 Pesisir Selatan Salurkan Sembako untuk Panti Asuhan Muhammadiyah

Ketika menanyakan mengapa video lama itu viral kembali, Zuhairi tidak membalas pertanyaan Republika.

Dalam potongan video yang berasal dari channel Youtube MTA Indonesia, Zuhairi menyinggung Muhammadiyah sebagai organisasi masyarakat (ormas) Islam yang tidak benar. Hanya saja, ketika ia menyebut Islam Muhammadiyah tidak benar, hadirin tertawa.

"Kita ini, saya ini tidak tahu apakah Islam NU yang paling benar. Apakah Islam Syiah yang paling benar. Apakah Islam Muhammadiyah, sudah pasti enggak (benar)," kata Zuhairi yang dikenal sebagai cendekiawan NU tersebut.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: republika.co.id

Tags

Terkini

X