Anis Matta : Pemerintah Perlu Dukung Iklim Usaha Kembangkan UMKM dan Ekonomi Kreatif

Milna Miana
- Minggu, 14 November 2021 | 14:06 WIB
Ketum Gelora Anis Matta
Ketum Gelora Anis Matta

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta mengatakan, pemerintah perlu mendukung iklim usaha pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif saat pandemi ini. 

Sebab, UMKM dan ekonomi kreatif dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan mengentaskan kemiskinan. 

Baca Juga: Jokowi Fokus Pemberdayaan UMKM dan Penanganan Perubahan Iklim di KTT APEC-ABAC

"Kita punya peluang pasar domestik, dan UMKM saya memandangnya harus menjadi pilar utama ekonomi Indonesia, karena itu dibutuhkan iklim yang mendukung pengembangan UMKM," kata Anis Matta saat berdialog dengan pelaku UMKM di Yogyakarta dalam acara bertajuk 'Jagongan Gayeng, Sabtu (14/11/2021) malam. 

Dalam dialog yang dilaksanakan dalam suasana santai di Coday Coffee ini, Anis Matta menilai dukungan tersebut akan menciptakan model sosial masyarakat kelas menengah yang berasal dari pelaku UMKM. Berbeda dengan negara-negara lain di dunia yang dibangun dari kelompok profesional. 

Baca Juga: Pulihkan Ekonomi, Bantuan UMKM akan Berlanjut Tahun 2022

"Tapi mereka ini rentan terhadap gejolak ekonomi. Sektor UMKM di Indonesia sudah teruji daya tahannya dalam menghadapi krisis ekonomi," katanya. 

Partai Gelora, lanjutnya, pelaku UMKM ini harus menjadi kelompok mayoritas kelas menengah, sehingga akan mengokohkan ekonomi nasional. 

Namun, untuk mencapai hal itu, dibutuhkan peta jalan pengembangan UMKM

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

X