Mulyanto: Pemerintah Harus Evaluasi Kebijakan Kilang BBM

- Selasa, 16 November 2021 | 16:15 WIB
Wakil Ketua FPKS DPR RI Mulyanto.
Wakil Ketua FPKS DPR RI Mulyanto.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mingatakan, pemerintah harus serius mengevaluasi kebijakan perkilangan BBM nasional.  Hal ini penting agar ada jaminan yang memadai kejadian kebakaran kilang serupa tidak terjadi lagi di masa depan. 

"Ini bukan hanya soal perawatan kilang dan penjagaan asset strategis serta cadangan migas nasional, namun yang utama adalah soal ketahanan energi nasional," kata Mulyanto," Selasa (16/11/2021).

Baca Juga: Polisi Periksa 5 Orang Saksi Terkait Kebakaran Kilang Pertamina

Mulyanto mengatakan, pemerintah tidak boleh membiarkan kasus kebakaran kilang seperti ini menjadi modus mafia impor migas untuk menaikan kuota impor.

Apalagi saat ini upaya membangunan kilang sangat lambat, maka dalih mafia impor BBM untuk mendapatkan tambahan kuota semakin kuat.

Baca Juga: Kebakaran Terulang di Kilang Minyak Cilacap, Mulyanto: Pertamina Abaikan Perawatan

Pemerintah harus bisa memastikan operator migas menjalankan kebijakan usaha kilang ini secara benar.

"Kita tidak bisa menyerahkan cek kosong kebijakan perkilangan kepada operator migas begitu saja, karena terbukti dalam satu tahun sudah ada 3 kejadian kebakaran kilang BBM dan dua kali terjadi di tempat yang sama," katanya.

Sementara itu hampir 25 tahun sejak pengoperasian Refinery Unit (RU) VII Kasim di Papua pada tahun 1997, praktis tidak ada pembangunan kilang baru.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Pengumuman! Pemerintah Segera Hapus PPKM

Senin, 23 Mei 2022 | 11:11 WIB
X