Jumlah Zona Hijau Kepatuhan Memakai Masker Meningkat di Indonesia

- Jumat, 19 November 2021 | 16:20 WIB
Ilustrasi Virus Corona (Foto: Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona (Foto: Pixabay)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Selama sepekan terakhir jumlah zona merah terhadap kepatuhan memakai masker menurun. Hal ini juga diikuti peningkatan jumlah daerah yang masuk zona hijau atau kepatuhan menggunakan masker di atas 90%. Padahal, dua-empat pekan sebelumnya jumlah zona merah, yang berarti kepatuhan penggunaan masker di bawah 60 persen, sempat tinggi.

"Kondisi ini perlu terus ditingkatkan sebagai upaya bersama untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus. Perlu disadari semua pihak bahwa pandemi belum berakhir dan kepatuhan protokol kesehatan berkorelasi terhadap jumlah kasus," ujar Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanggulangan Covid-19 Sonny B. Harmadi.

Baca Juga: Banyak Daerah Nihil Kasus Covid-19, Ini Daftar Terbaru Zona Hijau di Indonesia

Menurutnya, dalam dua pekan terakhir, Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19 terus melakukan penebalan kekuatan duta perubahan perilaku di 12 provinsi yang cenderung mengalami penurunan kepatuhan. Hingga Desember mendatang, para duta perubahan perilaku diminta terus mengedukasi masyarakat tanpa kenal lelah.

"Diharapkan upaya ini menjadi tindakan nyata untuk menjaga kepatuhan protokol kesehatan di masyarakat dan mencegah terjadinya gelombang ketiga," ucap Sonny.

Baca Juga: 204 RT di Padang Panjang Kategori Zona Hijau, 32 RT Zona Kuning

Saat ini tercatat 129.656 orang duta perubahan perilaku yang tersebar di 34 provinsi dan 436 kabupaten/kota se Indonesia. Para duta perubahan perilaku berasal dari latar belakang berbeda, seperti mahasiswa, tokoh agama, penyuluh KB, guru, Pramuka, organisasi kepemudaan, Satpol PP, dan sebagainya.

Sementara, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate berharap kepatuhan menjaga protokol kesehatan, terutama memakai masker yang harus terus ditingkatkan, terlebih ketika menghadapi libur Natal dan Tahun Baru.

"Menahan diri tidak bepergian untuk mengendalikan mobilitas dan tetap menjaga protokol kesehatan akan mencegah Indonesia mengalami gelombang ketiga COVID-19," kata Menkominfo. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

X