Catat! Jasa Perjalanan Haji dan Umrah Sekarang Bebas PPN

- Sabtu, 20 November 2021 | 08:10 WIB
Jamaah saat umrah di tengah pandemi (foto: AFP)
Jamaah saat umrah di tengah pandemi (foto: AFP)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah telah membebaskan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk jasa perjalanan keagamaan seperti haji dan umrah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan mengatur pembebasan PPN tersebut dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 92?PMK.03/2020 tentang Kriteria dan/atau Rincian Jasa Keagamaan yang Tidak Dikenai Pajak Pertambahan Nilai.

Baca Juga: Pelaksanaan Haji dan Umrah, Komisi VIII DPR Minta Pemerintah Lobi Kerajaan Saudi 

"Terkait PPN memang dalam PMK dari Menkeu itu sudah jelas bahwa penyelenggaraan kegiatan keagamaan tidak dikenakan PPN. Nah oleh karena itu termasuk di dalamnya jasa perjalanan ibadah haji dan umrah," kata Airlangga dikutip dari Kompas.com, Sabtu (20/11/2021).

Adapun sebelum aturan baru muncul, biasanya perjalanan haji dan umroh dikenai PPN sebesar 1 persen.

Baca Juga: Bupati Agam Sebut Bonus MTQ Tidak Ada Sebaik Umrah

Di sisi lain berdasarkan catatannya, usaha jasa perjalanan ini masih mendapatkan pemeriksaan atas transaksi yang lampau. Untuk itu, Airlangga berjanji akan berdiskusi dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

"Kami menerima catatan bahwa beberapa usaha perjalanan ini mendapatkan pemeriksaan terkait transaksi yang lampau. Nah ini nanti kami akan koordinasikan dengan Dirjen Pajak," ucap dia.

Kemudian Airlangga juga akan mengusulkan biaya perjalanan haji dan umroah yang sudah disetor kepada Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bisa optimal, seiring akan kembali dibukanya perjalanan umrah ke Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: kompas.com

Tags

Terkini

X