Ketua DPR dan Mafia Tanah, Siapa Paling Kuat?

- Minggu, 21 November 2021 | 15:55 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kasus yang menimpa artis Nirina Zubir memberikan pelajaran bahwa mafia tanah ada di mana-mana dan mengintai untuk mencari mangsa. Mereka juga tak bisa dengan mudah terjerat hukum. Oleh karena itu, publik harus selalu berhati-hati dan tetap waspada.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya masih menyidik kasus mafia tanah yang merugikan keluarga artis peran Nirina Zubir. Kepemilikan enam bidang tanah dan bangunan senilai Rp 17 miliar diambil alih para pelaku.

Baca Juga: Ketua DPR Desak Pemerintah Berantas Aksi Mafia Tanah

Kasus mafia tanah tersebut didalangi oleh mantan asisten rumah tangga (ART) keluarga Nirina, yakni Riri Khasmita. Pelaku bekerja sama suaminya dan tiga orang notaris yang seluruhnya telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Modus operandinya mereka ini dengan memalsukan tanda tangan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Yusri Yunus.

Baca Juga: Sepanjang Tahun 2021, Polri Tangani 69 Perkara Mafia Tanah dengan 61 Tersangka

Sementara itu, Nirina dan keluarganya menduga bahwa hasil penggelapan aset senilai Rp17 miliar itu digunakan pelaku untuk bergaya hidup mewah dan membangun bisnis baru.

Nirina pun meminta penyidik untuk mengusut aliran dana dalam kasus mafia tanah yang menimpa keluarganya, dan berharap seluruh aset tersebut bisa dikembalikan.

Meski demikian, menurut Kepala Kantor Wilayah BPN DKI Jakarta, Dwi Budi Martono, hak atas tanah yang telah dipalsukan, dijual, dan diagunkan oleh tersangka tak bisa langsung dikembalikan. Pengembali harus menunggu putusan dari pengadilan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

X