Indonesia Butuh 74.000 Relawan TIK

Administrator
- Sabtu, 23 April 2016 | 04:01 WIB

BANDAR LAMPUNG, HALUAN — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan bahwa pemanfaat internet di desa membutuhkan sebanyak 74.000 relawan teknologi informasi dan komunikasi.

“Relawan itu tergantung sukarela masyarakat itu sendiri. Saat ini ada sekitar 10.000 orang dan idealnya satu desa terdapat satu re­lawan,” kata dia, usai se­minar “Pemanfaatan Tek­nologi Informasi Elekt­ro­nifikasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Daya Saing Desa, di Kantor BI Perwakilan Lampung, Ban­dar­lampung, Jumat (22/4).

Ia menyebutkan per­kembangan masyarakat di­gital di Indonesia dan kebi­jakan pemerintah dalam meningkatkan pemanfaatan internet cukup maju.

Menurutnya, terdapat 74.000 desa di seluruh In­donesia dari 26 persen di antaranya masuk dalam ka­tegori tertinggal.

“Sebanyak 11 persen di antara desa tertinggal itu memiliki akses teleko­mu­nikasi yang sudah baik,” ujarnya.

Rudiantara menjelaskan relawan TIK itu harus inde­penden, fokus pada pen­didikan dan edukasi peman­faatan teknologi tersebut.

Ia menjelaskan, kebi­jakan pemerintah di sektor ini dititik beratkan kepada upaya meningkatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar lebih banyak mengambil keuntungan dari perdagangan elektronik (“e-commerce”) lewat solusi desa broadband terpadu.

Pemerintah mengingin­kan UMKM bisa mendapat akses terhadap Kredit Usa­ha Rakyat (KUR), yang kemudian akan mening­katkan ekonomi pedesaan dan membantu pem­ba­ngu­an  ekonomi yang mandiri.

Di sisi lain, pihaknya tengah melakukan program Pembangunan Desa Broad­band Terpadu sebagai upaya untuk membangun infras­truktur konektivitas infor­masi digital.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

RUU Ibukota Negara Baru, DPR Bentuk 56 Anggota Pansus

Selasa, 7 Desember 2021 | 17:05 WIB

Kebijakan Pemerintah PPKM Level 3 Batal, Ini Alasannya

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:59 WIB
X