Kemajuan Teknologi, Profesi PNS Terancam Punah

- Kamis, 25 November 2021 | 06:41 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kemajuan teknologi yang semakin pesat, disinyalir akan membuat profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS) terancam. Pemerintah tak perlu lagi menggaji pekerja hingga pensiun dengan segala tunjangannya seperti yang diterima oleh PNS. Sehingga profesi PNS kemungkinan 'dimusnahkan'.

"Dengan adanya inovasi teknologi, sepuluh tahun lagi mungkin tidak ada PNS. Mungkin semuanya PPPK, karena tidak diperlukan lagi PNS ke depan," ujar Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria dalam Webinar Adaptasi Kebiasaan Baru di Lembaga Internasional dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga: Pengeluaran Negara Bengkak, Jokowi Cetuskan Ganti PNS dengan Robot

Di sisi lain, Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama BKN, Satya Pratama mengatakan, profesi PNS tidak akan hilang sepenuhnya. Namun, memang ada pengurangan jumlahnya sehingga nanti nya perekrutan tidak akan dilakukan untuk banyak formasi.

"Tidak (dihilangkan), tetap ada PNS. Namun jumlahnya tidak gemuk atau besar," ujarnya.

Baca Juga: Miris! Puluhan Ribu PNS Terima Dana Bansos, Mardani Ali Sera: Pemerintah Amburadul

Meski demikian, Satya belum bisa merinci jabatan PNS apa saja yang akan dihilangkan atau dikurangi porsinya oleh pemerintah. Menurutnya, hal ini masih dalam pembahasan.

"Itu masih dikaji lebih lanjut," jelasnya.

Namun, jika dilihat dari buku statistik ASN per Juni 2021, jumlah PNS memang mengalami penurunan sejak tahun 2016 silam. Ini membuktikan bahwa porsi PNS di negara ini semakin berkurang.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:18 WIB
X