Terbang Langsung Indonesia-Saudi Dibuka 1 Desember, Menag: Tidak Ada Lagi Persyaratan Booster

- Jumat, 26 November 2021 | 16:07 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Kemenag.go.id)
Menag Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Kemenag.go.id)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyambut baik kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang akan membuka penerbangan langsung dari Indonesia.

Mulai tanggal 1 Desember 2021 sudah dibuka penerbangan langsung dari Indonesia ke Arab Saudi. Aturan tersebut diterbitkan otoritas penerbangan Arab Saudi, General Authority of Civil Aviation (GACA), tertanggal 25 November 2021. 

Baca Juga: Bertemu dengan Menteri Haji Arab Saudi, Menag: Indonesia Jadi Prioritas Haji dan Umrah

Dengan kebijakan Arab Saudi tersebut, mulai Rabu, 1 Desember 2021, warga Indonesia sudah diperbolehkan masuk ke Arab Saudi tanpa perlu melalui negara ke-3 dengan menjalani selama 14 hari.

“Sudah tidak lagi ada persyaratan booster (vaksin Covid-19 ketiga),  namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan dengan menjalani karantina institusional selama lima hari. Ini harus dipatuhi dan menjadi perhatian bersama,” kata Menag, dikutip dari laman Kemenag, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: Bertemu dengan Menteri Haji Arab Saudi, Menag: Indonesia Jadi Prioritas Haji dan Umrah

Selain Indonesia, juga ada lima negara lain yang juga sudah mendapat izin masuk Saudi, yaitu: Pakistan, Brazil, India, Vietnam, dan Mesir.

Rencana dibuka kembali penerbangan langsung Indonesia-Arab Saudi, Menag mengklaim bahwa hal tersebut merupakan hasil kunjungan kerja ke Arab Saudi.

“Alhamdulillah, jelang kepulangan kunjungan kerja dari Arab Saudi, saya mendapat informasi resmi bahwa mulai pukul satu dini hari, pada Rabu 1 Desember 2021, warga Indonesia sudah diperbolehkan masuk ke Arab Saudi tanpa perlu melalui negara ke-3 selama 14 hari,” kata Menag di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Kamis (25/11/2021) malam.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kemenag RI

Tags

Terkini

X