Data Menkes, Ada 19 Kabupaten/Kota yang Alami Lonjakan Kasus Covid-19

Heldi Satria
- Sabtu, 27 November 2021 | 15:10 WIB
Budi Gunadi meninjau vaksinasi di Trans Mal Studio Makassar.  (©2021 Merdeka.com/Fajar Ihwan)
Budi Gunadi meninjau vaksinasi di Trans Mal Studio Makassar. (©2021 Merdeka.com/Fajar Ihwan)

 

HARIANHALUAN.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut terdapat 19 kabupaten/kota yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 dalam jangka waktu yang berbeda-beda. Bahkan, ada daerah yang mengalami kenaikan kasus terkonfirmasi virus corona selama berminggu-minggu.

"Dari hasil pengamatan, dilaporkan total 19 kabupaten/kota mengalami kenaikan kasus dengan lama waktu yang berbeda-beda," katanya dikutip dari siaran pers, Sabtu (27/11).

Baca Juga: Warga Malalak Barat Dihebohkan Penemuan Pria Bersimbah Darah

Adapun Kabupaten Fak-Fak di Papua dan Purbalingga di Jawa Tengah mengalami kenaikan kasus Covid-19 selama empat minggu berturut-turut. Kemudian, Lampung Utara mengalami lonjakan kasus selama tiga minggu berturut-turut.

Selain itu, sebanyak 16 kota sudah mengalami kenaikan kasus selama dua minggu. Budi menyampaikan presentase kenaikan kasus Covid-19 di sejumlah daerah tersebut memang terbilang kecil.

Namun, kata dia, kenaikan kasus sekecil apapun harus tetap dimonitoring. Hal ini agar tidak terjadi ledakan kasus virus corona di Indonesia.

“Walaupun jumlahnya masih kecil, positivity rate dan BOR rumah sakit masih rendah, tapi kita mengikuti daerah-daerah ini agar jangan sampai kita terlambat kalau ada kenaikan," tegasnya.

Budi menilai lonjakan kasus Covid-19 di 19 ini salah satunya disebabkan menurunnya kemampuan testing dan tracing terhadap kontak erat kasus terkonfirmasi. Tak hanya itu, kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan 5M juga mulai berkurang.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Merdeka.com

Tags

Terkini

Tjahjo Kumolo: Tahun ini Pemerintah Tak Terima CPNS

Rabu, 19 Januari 2022 | 20:05 WIB

Kemenag akan Gelar Pospenas ke-9 di Makassar

Rabu, 19 Januari 2022 | 14:15 WIB
X