Gunung Slamet Bergemuruh, Apakah Pertanda Munculnya Satrio Wirang?

- Minggu, 28 November 2021 | 09:40 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

SOLO, HARIANHALUAN.COM - Gunung Slamet merupakan salah satu gunung api yang aktif dan masih menyisakan sejumlah misteri, seperti dalam ramalan Jayabaya yang menyatakan setiap Gunung Slamet bergemuruh, Satrio Wirang bakal muncul.

Ramala Jayabaya seperti dikutip dalam sejumlah buku, menyebutkan jika Gunung Slamet menunjukkan tanda-tanda akan meletus, maka di saat itu akan hadir Satrio Wirang. Tokoh ini bukan nama, tapi julukan bagi seseorang dengan sifat-sifat tertentu.

Baca Juga: Melintasi Kaki Gunung Kerinci, Presiden PKS Kunjungi 2 Provinsi di Sumatera

Dikutip Solopos.com melalui Okezone.com, Minggu (28/11/2021), dikatakan Satrio Wirang berkaitan erat dengan Satrio Piningit. Dikatakan, pada saatnya, Satrio Wirang akan muncul setelah Satrio Piningit memenangkan pertempuran dengannya.

Satrio Wirang akan kehilangan banyak pasukan karena pada akhirnya dia kalah. Satrio Wirang berarti atau bermakna seorang pemimpin yang telah bertarung dalam medan peperangan kemudian kalah.

Baca Juga: Kebun Stroberi Inyiak Tos di Kaki Gunung Singgalang Tawarkan Wisata Keluarga

Selain kalah, Satrio Wirang ini nanti tetap tidak terima dengan kekalahannya. Kemudian mengajak ke pengikutnya untuk menjegal pemimpin sang pemenang dalam peperangan tadi.

Ada banyak versi dari Satrio Wirang ini. Dari sudut pandang tertentu Satrio Wirang adalah korban sedangkan pada sudut pandang lain, Satrio Wirang bagaikan sosok jahat yang kalah bertarung.

Versi pertama menyebut Satrio Wirang memang tidak sepopuler tokoh Satrio Piningit. Karena dalam kehidupannya selalu difitnah. Namun, dia tetap bekerja keras mengabaikan fitnah yang menimpa dirinya. Hati dan kehidupannya sudah terbiasa dengan fitnah dan cemooh.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Pakar: Pemilu 2024 Menjadi Momentum Kemenangan Golkar

Senin, 17 Januari 2022 | 12:31 WIB

Future Leader Challenge (FLC) 2022 Resmi Dibuka

Senin, 17 Januari 2022 | 06:45 WIB

Begini Cara Sri Mulyani Pajaki Ghozali Everyday

Minggu, 16 Januari 2022 | 16:55 WIB
X