Penyebaran Varian Omicron Pengaruhi Daftar Negara yang Dicekal Masuk Indonesia

- Minggu, 28 November 2021 | 21:15 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.   ((Instagram/@luhut.pandjaitan).)  )
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.   ((Instagram/@luhut.pandjaitan).) )

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah memastikan daftar negara yang dicekal bisa bertambah atau berkurang bergantung pada peningkatan penyebaran kasus varian Covid-19, Omicron, secara global. Setidaknya, hal ini menjadi langkah awal dalam mencegah penyebaran virus tersebut di tanah air.

Hal itu dikatakan Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan dalam jumpa persnya, Minggu (28/11/2021) malam. Baca Juga: Australia Deteksi Infeksi Varian Baru Omicron dari Warga Afrika Selatan

"List dari negara-negara tersebut bisa atau berkurang berdasarkan evaluasi secara berkala dari pemerintah," kata Luhut. Baca Juga: Legislator Sarankan Tiga Langkah Sikapi Varian Baru Corona

Kemenkes juga akan melakukan tindakan genomic squencing, terutama dari kasus-kasus positif yang berasal dari riwayat perjalanan dari luar negeri untuk mendeteksi varian Omicorn.

"Kami memperkerikan dengan kerja sama internasional yang baik 1-2 minggu ke depan untuk bisa memahami lagi bagaimana efek dari Omicorn ini terhadap vaksin dan antibody yang terbentuk dari infeksi alamiah," ujar dia.

Demi melakukan pencegahan, pemerintah pun memerintahkan untuk memperketat perbatasan masuk dari luar negeri, baik dari bandara internasional maupun pelabuhan. Hal itu merupakan pembelajaran dari merebaknya kasus Covid-19 varian Delta yang menyebabkan gelombang kedua pandemi di Indonesia.

"Oleh karena itu, langkah-langkah pengetatan perbatasan dan kedatangan dari luar negeri ini diambil pemerintah sebagai langkah waspada untuk mencegah menghambat varian Omicorn ini ke Indonesia," pungkas Luhut. (*)

 

Editor: Jefli Bridge

Sumber: IDX Channel

Tags

Terkini

Panglima TNI: Pola Pengamanan di Papua Lebih Natural

Selasa, 25 Januari 2022 | 02:11 WIB

Menkes: Omicron di Indonesia Sudah Capai 1.600 Kasus

Senin, 24 Januari 2022 | 19:40 WIB

Ini 5 Bandara yang Gantikan Penerbangan dari Halim

Senin, 24 Januari 2022 | 10:30 WIB
X