Cegah Varian Omicron, Muhaimin Minta Pemerintah Tutup Pintu Masuk Indonesia

- Senin, 29 November 2021 | 21:15 WIB
Cegah Varian Omicron, Muhaimin Minta Pemerintah Tutup Pintu Masuk Indonesia
Cegah Varian Omicron, Muhaimin Minta Pemerintah Tutup Pintu Masuk Indonesia

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar meminta pemerintah dan masyarakat tidak boleh mengabaikan munculnya varian baru Covid-19 Omicron yang tengah merebak di Afrika Selatan.

"Kita semua wajib mendisiplinkan diri menaati semua perangkat protokol kesehatan dan sekaligus kita jangan sampai lengah menjaga perbatasan. Jadi kita proaktif terhadap lalu lintas masyarakat baik WNI maupun WNA yang masuk indonesia supaya diperketat lagi," kata Muhaimin usai bertemu Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Ignatius Kardinal Suharyo di Kantor KWI, Jakarta Pusat, Senin (29/11/2021).

Bahkan Muhaimin meminta pemerintah mempertimbangkan untuk menutup akses kedatangan orang di bandara dan pelabuhan maupun perbatasan negara dalam upaya mencegah masuknya varian Omicron yang tengah merebak di Afrika Selatan.

“Saya kira perlu dipertimbangkan. Kita lihat sejumlah negara mulai menutup akses, terutama dari negara-negara di Afrika Selatan,”  kata Ketua Umum PKB itu.

Baca Juga: Astaga! Seorang Pria Nekat Terjun di Jurang Kelok Jariang Bungus

Muhaimin tidak ingin munculnya  gelombang Covid-19 berikutinya seperti yang terjadi Juli lalu. Apalagi menjelang libur Natal dan tahun baru (Nataru).

“Kita sudah dua kali mengalami lonjakan kasus dan itu karena dibawa WNA atau WNI yang baru balik dari luar negeri. Saya kira ini pelajaran bagi kita semua, jangan sampai ada anggapan imported cases berisiko kecil, justru membahayakan dan kian memperberat penanganan pandemi,” kata Muhaimin.

Dia mendukung penuh pemerintah menerapkan PPKM Level 3 dari tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Kebijakan itu dinilinya sebagai langkah antisipatif melindungi masyarakat dari penularan Covid-19, terutama saat libur Nataru.

Dialog Kebangsaan

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Ketua DPD RI Dukung Jatim Jadi Tuan Rumah PON 2028

Rabu, 26 Januari 2022 | 22:02 WIB

Ini Ancaman 'Ngeri' Jika Tak Bayar Pinjol

Rabu, 26 Januari 2022 | 21:50 WIB

Kenapa? 2023 Ratusan Ribu Guru Terancam Nganggur

Rabu, 26 Januari 2022 | 20:25 WIB
X