Patut Dihormati, Ini Para Tokoh Sumbar yang Memperjuangkan Indonesia

- Selasa, 30 November 2021 | 09:30 WIB
Mohammad Hatta
Mohammad Hatta

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Setiap daerah memiliki tokoh pahlawan yang berjasa bagi negara. Sebut saja Sumatera Barat. Banyak tokoh terlahir dari Tanah Minang itu.

Lahir di Sumatera Barat, deretan nama ini menghabiskan masa hidupnya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan cara mereka tersendiri. Berikut sosok pahlawan dari Sumatera Barat yang patut kita kenang.

Baca Juga: Kagumi Tokoh Sumbar, Audy Joinaldy Undang Anies Baswedan ke Ranah Minang

Mohammad Hatta

Mohammad Hatta atau yang dikenal dengan Bung Hatta lahir di Bukittinggi 12 Agustus 1902 dan wafat pada tanggal 14 Maret 1980. Bung Hatta adalah seorang pejuang sekaligus proklamator kemerdekaan Republik Indonesia dan dijuluki sebagai Bapak Proklamator Indonesia. Selain itu, Bung Hatta juga merupakan Wakil Presiden pertama Republik Indonesia, serta konseptor Pancasila dan UUD 1945.

Tuanku Imam Bonjol

Tuanku Imam Bonjol lahir di Bonjol, Luhak Agam, Pagaruyung, Sumatera Barat pada tahun 1772. Kemudian wafat pada tanggal 6 November 1864 dan dimakamkan di Lotta, Pineleng, Minahasa.

Baca Juga: Tokoh Sumbar Dorong Mulyadi Maju Nyalon Gubernur pada Pilkada 2020

Tuanku Imam Bonjol merupakan seorang ulama sekaligus pemimpin pasukan perperangan saat melawan kolonial Belanda yang dikenal dengan nama Perang Padri pada tahun 1803 hingga 1838. Tuanku Imam Bonjol atau yang bernama asli Muhammad Syahab merupakan anak dari Bayanuddin Syahab dan Hamatun. Ayahnya juga merupakan seorang alim ulama yang berasal dari Sungai Rimbang, Suliki, Lima Puluh Kota.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

X