Hadiri UNWTO, Ini Peran Puan Maharani Sebagai Delegasi Internasional

- Rabu, 1 Desember 2021 | 12:25 WIB
Puan Maharani.
Puan Maharani.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani sempat mengunjungi United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Headquarters di Madrid, Spanyol beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan tersebut, Puan menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 membuat pariwisata di Indonesia sangat terdampak. Sebab bisa dibilang banyak masyarakat di kota tujuan pariwisata yang menggantungkan hidup dari sektor tersebut.

Pandemi sudah berlangsung hampir dua tahun. Secara perlahan, Indonesia pun mulai membuka sektor pariwisatanya di beberapa titik, salah satunya Bali, yang mana 100 persen penduduknya sudah menerima vaksin dosis pertama.

Baca Juga: 5 Peran Penting Puan Maharani di Kancah Politik

Puan sendiri meminta masukan dari UNWTO terkait hal yang satu ini. Dia lantas menyinggung tentang pentingnya sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan yang mana pengembangannya sangat membutuhkan dukungan dan bantuan dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Oleh karena itu, Puan berharap jika UNWTO bisa memberikan dukungan penuh dalam mempromosikan destinasi wisata Indonesia di luar Bali, di antaranya Labuan Bajo, Raja Ampat, Danau Toba, dan destinasi wisata lainnya.

Baca Juga: Kerap Dibilang Gabut, Ternyata Begini Kinerja Puan Maharani Selama Jadi Menko PMK

Puan Maharani Pimpin Kunjungan ke Tiongkok 2016

Tahukah kamu kalau dalam kurun waktu 6 tahun terakhir, hubungan Indonesia-Tiongkok sudah menghasilkan setidaknya 60 kesepakatan. Nah, 20 di antaranya merupakan kesepakatan kerja sama hubungan antarmasyarakat kedua negara (people to people exchange).

Puan Maharani sempat berkunjung ke Tiongkok saat masih menjabat sebagai Menko PMK, tepatnya pada 2016 silam. Di sana, dia memaparkan sejumlah potensi kerjasama yang bisa dijalin antara Indonesia dengan Tiongkok. Seperti kerjasama dalam bidang pendidikan, industri kreatif (media), kesehatan, pariwisata, kepemudaan, sampai olahraga.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Ketua DPD RI Dukung Jatim Jadi Tuan Rumah PON 2028

Rabu, 26 Januari 2022 | 22:02 WIB

Ini Ancaman 'Ngeri' Jika Tak Bayar Pinjol

Rabu, 26 Januari 2022 | 21:50 WIB

Kenapa? 2023 Ratusan Ribu Guru Terancam Nganggur

Rabu, 26 Januari 2022 | 20:25 WIB
X