Gugat Presidential Thresold, DPD RI Segera Ajukan Judicial Review ke MK

- Rabu, 1 Desember 2021 | 17:35 WIB
Gugat Presidential Thresold, DPD RI Segera Ajukan Judicial Review ke MK
Gugat Presidential Thresold, DPD RI Segera Ajukan Judicial Review ke MK

 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menginginkan adanya pasangan calon presiden dan wakil presiden perorangan atau independen.

"Dengan adanya capres dan cawapres independen ini, putra-putri terbaik bangsa ini mempunyai peluang yang sama untuk menjadi pemimpin di negeri ini," kata Ketua Kelompok DPD RI di MPR Tamsil Linrung saat membuka Dialog Kebangsaan Kelompok DPD RI bertema “Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden Independen”, di Lobi Gedung DPD RI, Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (1/12/21).

Baca Juga: Setda Pessel Mawardi Roska Ajak OPD Rencanakan Program Teknis

Tamsil menyadari, untuk memperjuangkan capres independen memerlukan perjuangan yang cukup berat karena harus melalui amendemen UUD 1945.

"Inilah salah satu tujuan DPD RI mengusulkan amendemen UUD 1945 selain penguatan kewenangan DPD RI sendiri," kata Tamsil.

Namun langkah awal yang akan diperjuangkan DPD RI adalah meniadakan ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold. Dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menyebutkan presidential threshold 20 persen.

"Presidential threshold ini bentuk kejahatan demokrasi. Karena itu, kita baik secara kelembagaan maupun perorangan akan segera mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK)," ka Tamsil.

Anggota Lembaga Pengkajian MPR RI Wahidin Ismail juga menilai, capres independen adalah oase demokrasi di tengah oligarki politik dan transaksi yang terjadi di dalam peta politik dan ekonomi.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Ketua DPD RI Dukung Jatim Jadi Tuan Rumah PON 2028

Rabu, 26 Januari 2022 | 22:02 WIB

Ini Ancaman 'Ngeri' Jika Tak Bayar Pinjol

Rabu, 26 Januari 2022 | 21:50 WIB

Kenapa? 2023 Ratusan Ribu Guru Terancam Nganggur

Rabu, 26 Januari 2022 | 20:25 WIB
X