Ditemukan Jejak Kaki Harimau Ukuran 10 Sentimeter di Agam, BKSDA Pasang Kamera Trap

- Rabu, 1 Desember 2021 | 23:04 WIB
Pantau aktifitas Harimau di Agam, BKSDA pasang kamera trap
Pantau aktifitas Harimau di Agam, BKSDA pasang kamera trap

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat (Sumbar) temukan jejak kaki Harimau Sumatra berukuran 10 sentimeter pasca diterkamnya dua ekor Sapi di Jorong Kayu Pasak Timur Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar).

Harimau Diduga Terkam 2 Ekor Sapi, 1 Mati di Nagari Salareh Aia Kabupaten Agam

"Berdasarkan hasil identifikasi sementara di lokasi diperkirakan ada satu ekor Harimau Sumatra," kata Kepala Resor Agam BKSDA Sumbar, Ade Putra pada Rabu (1/12/2021).

Untuk itu, pihaknya tengah memantau keberadaan satu ekor harimau tersebut dengan memasang kamera trap sebanyak dua unit guna mendapatkan gambaran visual.

"Kami juga sudah mengimbau warga melalui Wali Nagari untuk senantiasa waspada dan hati-hati ketika beraktifitas terutama di ladang atau kebun. Warga diharapkan membawa dan mengkandangkan ternaknya di perkampungan dan tidak berkegiatan sendirian," ujar Ade.

Sebelumnya, Ade membenarkan kejadian dua ekor Sapi diterkam Harimau pada Selasa 30 November 2021 ketika subuh. "Dari foto jejak dan foto ternak sapi yang luka, dugaan sementara memang harimau," tuturnya.

"Tapi pihak wali nagari baru melaporkan pada Rabu pagi yang diteruskan ke Resor BKSDA Agam. Ada dua ekor. Induk Sapi mati dan anaknya mengalami luka-luka," kata Ade.

"Saat ini, Kami menuju lokasi kejadian dari kantor Wali Nagari Salareh Aia," tutupnya. (*)

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Future Leader Challenge (FLC) 2022 Resmi Dibuka

Senin, 17 Januari 2022 | 06:45 WIB

Begini Cara Sri Mulyani Pajaki Ghozali Everyday

Minggu, 16 Januari 2022 | 16:55 WIB

JIS Sudah Bisa Dikunjungi Masyarakat Umum Maret 2022

Sabtu, 15 Januari 2022 | 20:30 WIB
X