Hore! Hingga Tahun Depan, Masih Ada Sederet Booster yang Akan Diterima PNS

Heldi Satria
- Minggu, 5 Desember 2021 | 02:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 


HARIANHALUAN.COM - Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi pekerjaan pilihan banyak orang. Sebab, profesi ini salah satu yang paling tidak terpengaruh dengan adanya pandemi Covid-19. Apalagi pemerintah kerap kali memberikan berbagai insentif atau booster untuk menunjang kerja PNS. Bahkan, untuk tahun depan berbagai vitamin ini akan tetap diberikan pemerintah.

Salah satu booster yang pasti akan diberikan adalah Tunjangan Hari Raya (THR) dan juga gaji ke-13. Pemberian THR dan gaji ke-13 diharapkan dapat membantu konsumsi para abdi negara sehingga berdampak bagi pertumbuhan ekonomi terutama untuk konsumsi rumah tangga.

Baca Juga: 41 Orang Alami Luka Bakar Akibat Erupsi Gunung Semeru

Namun, untuk besaran kedua booster tersebut tentu tidak akan sama seperti sebelum terjadi pandemi Covid-19. Apalagi keuangan negara masih tersendat akibat pandemi yang tak kunjung usai.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan, skema pemberian THR dan gaji ke-13 tahun depan tersebut sama dengan tahun ini.

"Di dalam RAPBN 2022, kebijakan untuk THR dan Gaji-13 saat ini sama dengan tahun 2021," ujarnya kepada CNBC Indonesia.

Tahun ini, para abdi negara menerima besaran THR dan gaji ke-13 hanya menghitung gaji pokok dan tunjangan melekat saja. Sedangkan tunjangan kinerja tidak masuk dalam hitungan.

Dari pemangkasan tukin yang ada di THR dan gaji ke-13 tahun ini, pemerintah bisa menghemat anggaran hingga Rp 15 triliun. Ini digunakan untuk menambah belanja untuk penanganan dampak pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Panglima TNI: Pola Pengamanan di Papua Lebih Natural

Selasa, 25 Januari 2022 | 02:11 WIB

Menkes: Omicron di Indonesia Sudah Capai 1.600 Kasus

Senin, 24 Januari 2022 | 19:40 WIB
X