Angkasa Pura Pastikan Erupsi Gunung Semeru Tak Ganggu Penerbangan di Juanda

- Minggu, 5 Desember 2021 | 10:55 WIB
Erupsi Gunung Semeru.
Erupsi Gunung Semeru.

SURABAYA, HARIANHALUAN.COM - PT Angkasa Pura 1 Bandara Internasional Juanda memastikan erupsi Gunung Semeru tak sampai mengganggu penerbangan dari dan menuju Bandara Juanda. Hingga saat ini, penerbangan dari dan menuju Bandara Juanda masih normal.

"Sampai saat ini penerbangan dari dan ke Juanda normal," ujar Humas PT Angkasa Pura 1 Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Yuristo Ardi Hanggoro, dikutip dari Republika.co.id, Minggu (5/12/2021).

Baca Juga: Geologi ESDM Ungkap Penyebab Meletusnya Gunung Semeru

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto juga menyatakan hal serupa. Di mana letusan Gunung Semeru tidak sampai mengganggu penerbangan di Bandara Juanda. Namun demikian, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak bandara maupun maskapai.

"Untuk saat ini belum mempengaruhi penerbangan. Kami masih menunggu juga info dari airnav maupun airlines," ujarnya.

Baca Juga: Terkendala Lumpur Tebal, Korban Meninggal Erupsi Gunung Semeru Belum Bisa Dievakuasi

Sebelumnya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Budi Santosa memastikan pihaknya telah bergerak menuju lokasi di sekitar Gunung Semeru setelah terjadinya erupsi pada Sabtu (4/12) sore. Budi menyatakan, pihaknya bersama tum dari BPBD Kabupaten Lumajang telah bergerak cepat mengevakuasi warga sekitar gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut.

"Agen Bencana Provinsi Jatim dan TRC PB BPBD Kabupaten Lumajang menuju lokasi untuk assesmen dan melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru," ujarnya dikonfirmasi.

Budi memastikan, tim dari BPBD Kabupaten Lumajang juga telah berkoordinasi dengan perangkat desa setempat untuk melakukan pendataan korban. Budi menyatakan hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa akinat peristiwa tersebut. "Korban nihil," ujarnya.

Budi pun mengimbau masyarakat sekitar untuk menyelamatkan diri dan menjauhi sungai-sungai, utamanya sungai yang berhulu di Gunung Semeru. "Diimbau menjahui daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru," kata Budi. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: republika.co.id

Tags

Terkini

X