Dirikan Pusat Pasar Kerja, Menteri Ida: Atasi Masalah Ketenagakerjaan di Indonesia

- Rabu, 8 Desember 2021 | 19:05 WIB
Menaker Ida Fauziyah //Dok Kemnaker
Menaker Ida Fauziyah //Dok Kemnaker

HARIANHALUAN.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah membuka secara langsung Rapat Kerja Internal Pusat Pasar Kerja di Jakarta, Rabu (8/12/2021). Pada Raker Internal ini juga dilakukan Penandatanganan Komitmen Bersama (PKB) seluruh unit Eselon I di Kemnaker terhadap Pusat Pasar Kerja. 

Komitmen Bersama ini dilakukan untuk menciptakan sistem informasi pasar kerja yang tepat guna, tepat sasaran dan inklusif. 

Menaker Ida dalam arahannya mengatakan,  Pusat Pasar Kerja didirikan sebagai jawaban dari permasalahan link and match dan ekosistem digital ketenagakerjaan yang merupakan keharusan dalam menghadapi era revolusi digital 4.0.
 
 "Pusat Pasar Kerja harus mampu mengintegrasikan proses pelatihan, sertifikasi dan penempatan, penyediaan 
 informasi pasar kerja serta memberikan layanan kepada pencari kerja dan pemberi kerja dan start up (perusahaan rintisan) yang tumbuh di era digital saat ini," kata Menaker Ida. 

Ditambahkan Menaker, adanya layanan job matching Pusat Pasar Kerja dapat  menjadi jawaban segala permasalahan para pekerja yang bekerja tidak sesuai dengan tingkat pendidikannya serta ketidakcocokan latar belakang pendidikan dengan jenis pekerjaannya. 

Kedepannya, Menaker Ida menginginkan Pusat Pasar Kerja dapat menjadi hub sekaligus etalase terdepan Kementerian Ketenagakerjaan dalam mengatasi segala permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia. 

"Saya ingin Pusat Pasar Kerja mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan maksimal mengatasi permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia," ucap Ida Fauziyah. 

Menaker Ida mengharapkan melalui kolaborasi dari semua unit Eselon I di Kemnaker, Pusat Pasar Kerja bisa berperan dalam mendukung 9 Lompatan Kemnaker. Dukungan yang diberikan ini tidak hanya bersifat seremonial tetapi dapat diimplementasikan secara nyata dalam bentuk program bersama. 

"Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh unit Eselon I kepada Pusat Pasar Kerja untuk melaksanakan tugas dan fungsinya," katanya. (*)

Editor: Jefli Bridge

Sumber: kemnaker.go.id

Tags

Terkini

1,4 Juta Vaksin AstraZeneca Kembali Tiba di Tanah Air

Kamis, 20 Januari 2022 | 14:15 WIB

6 Kebijakan Ketat PLN, Cegah Penyebaran Covid-19

Kamis, 20 Januari 2022 | 10:23 WIB

Tjahjo Kumolo: Tahun ini Pemerintah Tak Terima CPNS

Rabu, 19 Januari 2022 | 20:05 WIB

Kemenag akan Gelar Pospenas ke-9 di Makassar

Rabu, 19 Januari 2022 | 14:15 WIB
X