Bundo Kanduang Dharmasraya Gotong Royong Masak Rendang 1 Ton untuk Lumajang

- Rabu, 8 Desember 2021 | 21:13 WIB
Bundo Kanduang Dharmasraya Gotong Royong Masak Rendang 1 Ton untuk Lumajang
Bundo Kanduang Dharmasraya Gotong Royong Masak Rendang 1 Ton untuk Lumajang

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Ratusan Bundo Kanduang (kaum ibu) Kabupaten Dharmasraya memasak rendang sebanyak satu ton untuk korban erupsi Gunung Semeru, Rabu (8/12). Rendang ini akan diantar dan dibagikan langsung Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan ke Kabupaten Lumajang.

“Ini sebagai bukti bahwa kita bersaudara. Para Bundo Kanduang ini dengan sukarela berkumpul di sini untuk berpartisipasi dalam meringankan beban korban terdampak erupsi Gunung Semeru,” kata Sutan Riska.

Sutan Riska ikut hadir dan aktif dalam kegiatan memasak satu ton rendang dari 9 ekor sapi yang digelar di kawasan Sentra IKM Logam ini.

“Kenapa kita memilih rendang, karena daging sapi penuh protein. Kemudian masakan rendang juga penuh dengan antioksidan yang diproduksi dari bumbu rempah,” tambah Sutan Riska yang sekarang juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini.

Selain penuh gizi, menurut Sutan Riska, rendang juga praktis, bisa dimakan langsung dan tahan lama.

“Kita berharap dengan makan rendang, para korban yang terdampak, terutama di camp pengungsian, bisa terjaga imun mereka. Karena masakan Minang, apalagi rendang, mengandung banyak rempah yang baik untuk kesehatan,” tambah Sutan Riska.

Menurut Sutan Riska kegiatan sosial ini adalah bentuk gotong royong sesama rakyat Indonesia dalam membantu meringankan beban keluarga sebangsa yang sedang terkena musibah.

“Mungkin bantuan ini tidak seberapa, tapi semangat gotong royong dan kepedulian dengan sesama ini yang membuat saya terharu. Bayangkan kalau kita satu bangsa ini selalu hadir dan bergandeng tangan untuk saling membantu, Insyaallah tidak kita bisa melewati tiap ujian dan cobaan ini,” kata Sutan Riska.

Sutan Riska berharap rendang ini menjadi pesan kepada korban erupsi Gunung Semeru bahwa mereka tidak sendiri.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

X