Samsat Berbasis Digital Permudah Warga Bayar Pajak Kendaraan

Heldi Satria
- Jumat, 10 Desember 2021 | 02:30 WIB
Kakorlantas Irjen Firman Shantyabudi. (Merdeka.com)
Kakorlantas Irjen Firman Shantyabudi. (Merdeka.com)

 

HARIANHALUAN.COM - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlintas) Polri, Irjen Firman Shantyabudi menyebut pelayanan Samsat berbasis digital memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor. Namun, layanan tersebut memerlukan dukungan masyarakat.

"Jadi sistem pembayaran menggunakan digital kan sekarang sudah jadi bagian kita sehari-hari. Jadi, bagaimana bisa berjalan baik, cepat dan masyarakat juga lebih mudah, lebih simpel," ujar Firman seusai acara Rakornas Pembina Samsat di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (9/12).

Kendati begitu, Firman mengatakan layanan tersebut memerlukan dukungan masyarakat. Dia berharap masyarakat tertib administrasi terkait kepemilikan surat-surat ranmor.

Baca Juga: Kemendikbudristek Salurkan Tambahan Bantuan Kuota Data Internet

"Tetapi aplikasi ini perlu dukungan yang sangat mendasar, yaitu tertibnya data ranmor dan data pengemudi, ini yang tadi kami sampaikan," ucapnya.

Jenderal bintang dua ini menjelaskan, menerapkan layanan berbasis digital lantaran perkembangan era digital 4.0. Terlebih, masyarakat juga mengharapkan pelayanan pajak rammor berbasis online.

"Karena yang kita hadapi adalah kebutuhan masyarakat yang semakin naik. Karena nanti ke depan itu masyarakat menginginkan hal yang paling mudah, saya ambil hal yang paling gampang saja," kata Firman.

Lebih lanjut, Firman mengatakan pihaknya bakal bekerja sama dengan dua instansi lainnya. Kedua instansi tersebut adalah Jasa Raharja dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Merdeka.com

Tags

Terkini

X