Inilah Deretan Kerajaan Bisnis Haji Lulung di Tanah Abang

- Selasa, 14 Desember 2021 | 19:30 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan didampingi Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio saat menjenguk politikus PPP, Abraham Lunggana atau Haji Lulung, yang tengah dirawat di RS Harapan Kita, Jakarta Barat, Jumat (3/12/2021) lalu. [dok]
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan didampingi Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio saat menjenguk politikus PPP, Abraham Lunggana atau Haji Lulung, yang tengah dirawat di RS Harapan Kita, Jakarta Barat, Jumat (3/12/2021) lalu. [dok]

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Abraham Lunggana atau Haji Lulung, meninggal dunia pada hari ini pukul 10.15 WIB. Sebelum meninggal, Lulung menjalani perawatan di RS Harapan Kita sejak awal Desember karena mengalami serangan jantung berulang akibat patah kateter, dan sempat kritis di ICU.

Haji Lulung adalah politikus PPP kawakan yang berkiprah di DKI Jakarta. Saat terjadi kisruh dualisme PPP yang dimenangkan kubu Romahumurziy, Lulung pindah ke PAN dan menjadi anggota DPR PAN di Pileg 2019. Namun, pada Agustus 2021, ia mengundurkan diri dan kembali ke partai lamanya, PPP.

Baca Juga: Kabar Duka! Haji Lulung Meninggal Dunia

Nama Haji Lulung sempat mencuat pada 2013 karena perseteruannya dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang pada waktu itu menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Lulung yang saat itu menduduki posisi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta disebut-sebut berada di balik sikap PKL Tanah Abang yang menolak direlokasi.

Haji Lulung memang tokoh yang disegani di pasar terbesar di Asia Tenggara tersebut. Pria kelahiran 24 Juli 1959 ini awalnya hanya pengumpul barang dan kardus bekas di Pasar Tanah Abang.

Baca Juga: Guruh Tirta Tepis Isu Lulung Koma Usai Serangan Jantung, Beberkan Kondisi Terkini

"Saya besar di Tanah Abang sejak menjadi tukang sampah, tukang loak, hingga punya bisnis properti, toko, operator parkir, dan jasa keamanan," tutur Lulung dikutip dari Kumparan.com, Selasa (13/12/2021).

Nasib Lulung mulai berubah saat terjadi konflik terbuka antara kelompok Timor yang dipimpin Hercules Rozario Marshal, yang ketika itu menguasai Tanah Abang, dengan kelompok Betawi yang dipimpin Muhammad Yusuf Muhi alias Bang Ucu. Haji Lulung masuk ke kubu Hercules waktu itu. Sayangnya, Hercules gagal mempertahankan kekuasaannya di Tanah Abang.

Lulung kemudian dikejar-kejar oleh anak buah Bang Ucu. Tapi Bang Ucu melihat potensi Lulung dan kemudian malah memberikan perlindungan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Terkini

X