Keren, Pesawat Rakitan Heri Suyanto Laku Rp2 miliar Dijual ke Ceko

- Rabu, 15 Desember 2021 | 22:18 WIB
Penampakan pesawat terbang rakitan buatan lulusan STM asal Lamongan menggemparkan warga. Foto/iNews TV/Abdul Wakhid
Penampakan pesawat terbang rakitan buatan lulusan STM asal Lamongan menggemparkan warga. Foto/iNews TV/Abdul Wakhid

HARIANHALUAN.COM - Pria asal desa Sumberagung, Kecamatan Modo, Lamongan Jawa Timur berhasil merakit pesawat terbang dan sudah laku terjual ke Ceko sebanyak dua unit dengan harga Rp2 miliar.

Pesawat terbang rakitan jenis short take off landing (STOL) warna putih itu di parkir di halaman rumahnya.

Dialah Heri Suyanto yang mengaku sengaja membawa pulang pesawat ciptaannya ke kampung halamannya supaya bisa memberi motivasi pada generasi muda agar terus berkarya dan menjadi kebanggan Kabupaten Lamongan.

"Sebelumnya telah merakit dua pesawat dan telah laku terjual ke Ceko dengan harga per unit mencapai Rp2 miliar," katanya, Rabu (15/12/2021) dikutip sindonews.com

Pesawat rakitan Heri ini menggunakan suku cadang dari luar negeri. Selain itu pesawat ini tidak membutuhkan landasan panjang untuk terbang dan mendarat sehingga cocok untuk digunakan di Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

Heri menjelaskan, pesawat ciptaannya memiliki panjang 7,3 meter dengan rentang sayap 9,5 meter serta tinggi 3,7 meter itu memiliki kapasitas dua orang penumpang.

Menurutnya, pesawat rakitannya tersebut merupakan pesawat latih atau pantau yang bisa terbang dengan ketinggian 10.000 kaki dengan kapasitas bahan bakar 75 lima liter.

Pesawat ini dirakit oleh Heri di rumah istrinya di Ciamis, Jawa Barat. Selanjutnya setelah jadi dibawa pulang ke kampung rumahnya di Sumberagung dengan dinaikkan truk.

Dengan kehadiran pesawat dirumahnya, sontak warga Lamongan, Jawa Timur dibuat heboh dengan pesawat terbang rakitan yang diciptakan Heri Suyanto.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: sindonews.com

Tags

Terkini

X