Jaksa Agung: Hukuman Mati Asabri Beri Efek Jera Koruptor

- Kamis, 16 Desember 2021 | 16:30 WIB
Tuntutan Hukuman Mati Terhadap Koruptor Ternyata Ada yang Tidak Setuju. (Klik Banggai - Pikiran Rakyat)
Tuntutan Hukuman Mati Terhadap Koruptor Ternyata Ada yang Tidak Setuju. (Klik Banggai - Pikiran Rakyat)

JAKARTA ,HARIANHALUAN.COM - Jaksa Agung ST Burhanuddin mengatakan bahwa pemberian hukuman pidana mati bagi terdakwa kasus dugaan tindak pidana korupsi memberikan efek jera. Menurutnya, hal tersebut juga dapat menjadi upaya pencegahan kasus-kasus serupa seperti kasus ASABRI dan Jiwasraya terjadi lagi di masa mendatang. 

"Hukuman mati pada para terdakwa tindak pidana korupsi. Hal ini bertujuan menimbulkan efek jera sekaligus sebagai upaya preventif penegakkan hukum di bidang tindak pidana korupsi," kata Burhanuddin dikutip dari Republika.co.id, Kamis (16/12).

Baca Juga: Asabri Lepas 189 Juta Saham Sehingga Berkurang 10,09 Persen

Ia pun membantah apabila upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh pihaknya selama ini hanya berorientasi pada pemberian hukulman semata.

Menurutnya, Kejaksaan turut berfokus pada upaya pengembalian kerugian keuangan negara dari tindak pidana korupsi yang terjadi. Sehingga, kata dia, penegakkan hukum pidana juga dapat memberikan mafaat yang berarti bagi masyarakat.

Baca Juga: Rugikan Negara Rp22,78 T, Aset Milik Tersangka Asabri Disita

"Muncul kegelisahan bagaimaan cara merubah paradigma penegakkan hukum dalam menghadirkan tujuan hukum dapat tercapai secara tepat dalam menyeimbangkan yang tersurat dan tersirat," jelasnya.

Selain terobosan hukum pemberian tuntutan mati bagi terdakwa korupsi, Jaksa Agung juga mengatakan bahwa kebijakan penghentian tuntutan berdasarkan keadilan restoratif juga menjadi salah satu cara untuk memecahkan masalah tersebut. 

Ia mengatakan bahwa kebijakan itu merubah paradigma hukum di kalangan jaksa yang semula berorientasi pemidaan retributif atau pada pelaku, yang kini turut memperhatikan perspektif keadilan bagi korban juga. 

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: republika.co.id

Tags

Terkini

Dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:18 WIB
X