Omicron Sudah Masuk Indonesia, Ketua DPR Minta Tracing Digencarkan

- Kamis, 16 Desember 2021 | 14:45 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Varian Omicron sudah masuk ke Indonesia. Petugas kebersihan di Rumah Sakit Wisma Atlet, Jakarta merupakan pasien pertama terpapar Omicron.

Selain itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga mendeteksi 5 kasus probable Omicron. Dua kasus merupakan WNI yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris, dan 3 kasus adalah WNA asal Tiongkok yang datang ke Manado.

Baca Juga: Omicron Terdeteksi di Indonesia, 2 WNI dan 3 WNA

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta masyarakat tidak perlu panik dengan temuan kasus varian baru Covid-19 tersebut.

“Kami imbau agar masyarakat tidak panik. Kondisi pasien pun saat ini dalam keadaan sehat. Yang paling terpenting kita harus tetap menjaga diri dan keluarga dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” kata Kamis (16/12/2021).

Baca Juga: Antisipasi Sebaran Omicron, Belanda Tutup Seluruh Sekolah Dasar

Puan meminta pemerintah, khususnya Satgas Penanganan Covid-19 untuk menggencarkan tracing agar penyebaran virus tidak semakin meluas.

“Saat ini tak cukup hanya dengan pengetatan screening. Tracing atau pelacakan harus semakin digencarkan untuk mengantisipasi menyebarnya varian Omicron,” kata Puan.

Dia menilai, Screening dengan teknologi RNA lewat sistem SGTF (S-gene target failure) yang bisa mendeteksi kasus Omicron di pintu-pintu masuk ke Indonesia sudah baik, namun harus semakin dioptimalkan untuk meminimalisir imported case.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

X