Gunung Semeru Kembali Erupsi, Ini 4 Rekomendasi Penting PVMBG untuk Masyarakat

- Kamis, 16 Desember 2021 | 16:45 WIB
Erupsi Gunung Semeru
Erupsi Gunung Semeru

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gunung Semeru kembali mengalami erupsi. Erupsi tersebut terjadi dua kali pada pukul 09.01 WIB, dan 09.30 WIB, Kamis (16/12/2021).

Dari video amatir yang beredar di media sosial, saat letusan atau erupsi Gunung Semeru ini terjadi, sejumlah relawan berlarian turun dari lokasi bencana letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Mereka berupaya menyelamatkan diri dari awan panas guguran atau APG yang cukup besar.

Baca Juga: Lewat Foodtruck PLN, Menteri BUMN Jamin Kebutuhan Dasar Pengungsi Erupsi Gunung Semeru

Dalam video juga terlihat sejumlah relawan dan warga panik, dan kendaraan berat yang dipergunakan untuk mengevakuasi lokasi erupsi sebelumnya berusaha menjauh dari lokasi guguran awan panas itu.

"Tadi sekitar pukul 09.30 WIB terjadi awan panas guguran (APG) lagi," kata Ketua Badan Rescue Nasem Jember David Handoko Seto yang berada di lokasi bencana hari ini dikutip dari Kompas.com, Kamis (16/12/2021).

Baca Juga: Bank Nagari Salurkan Bantuan 150 Kg Rendang Bagi Korban Erupsi Gunung Semeru

Mukdas Sofian A.Md dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) membenarkan erupsi Gunung Semeru yang terjadi hari ini.

"Visual letusan tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 17 mm dan durasi 395 detik (pada pukul 09.30 WIB)," jelasnya.

Sementara itu, untuk erupsi yang terjadi pada pukul 09.01 WIB, visual letusannya juga tidak teramati, tetapi erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi 0 detik.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: kompas.com

Tags

Terkini

X