Indonesia Masuk 5 Besar Negara Vaksinasi Dosis Lengkap Tertinggi di Dunia

- Selasa, 21 Desember 2021 | 18:30 WIB
Kapolres Bukittinggi, AKBP Dody Prawiranegara tinjau pelaksanaan vaksinasi massal di Kecamatan Palupuh
Kapolres Bukittinggi, AKBP Dody Prawiranegara tinjau pelaksanaan vaksinasi massal di Kecamatan Palupuh

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Indonesia menjadi satu dari lima negara dengan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap yang tertinggi di dunia. Dengan jumlah penerima vaksin sebesar 106 juta orang, posisi Indonesia hanya berada di belakang negara berpenduduk besar, seperti China, India, Amerika Serikat, dan Brasil.

"Sejauh ini secara kuantitas, Indonesia berhasil menjadi satu dari lima negara dengan jumlah penerima vaksin COVID-19 dosis lengkap terbanyak di dunia," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Selasa (21/12/2021).

Baca Juga: Hadapi Varian Omicron, Masyarakat Diminta Segera Vaksinasi

Meski begitu, menurut Johnny, pemerintah akan terus menggenjot percepatan vaksinasi hingga mencapai 100 persen, khususnya untuk beberapa kelompok, seperti kelompok rentan. Percepatan ini dilakukan dalam rangka menuju Indonesia bangkit dan pulih dari pandemi COVID-19.

"Pencapaian vaksinasi di akhir tahun menguatkan semangat Indonesia untuk bangkit pada 2022," ujarnya.

Baca Juga: Sampaikan Pesan Presiden, Mendagri: Capaian Vaksinasi Daerah Minimal 70%

Menkominfo memaparkan, khusus pada tenaga kesehatan saja, capaian vaksin hingga 16 Desember 2021 tercatat telah mencapai 132,76 persen. Meski begitu, Menkominfo menerangkan bahwa selain tenaga kesehatan dan petugas publik, capaian vaksinasi Indonesia untuk lansia maupun masyarakat umum dan rentan masih belum cukup tinggi.

Oleh sebab itu, Johnny menegaskan, saat ini pemerintah terus memfokuskan vaksinasi pada kelompok lansia dan kelompok rentan. Hal ini dilakukan demi terwujudnya capaian vaksian 100 persen.

Menkominfo memaparkan, baru 38,1 persen dari target vaksinasi sebanyak 21,5 juta penerima vaksin di kelompok lansia yang telah menerima vaksin dosis lengkap secara nasional. Artinya, sekitar 6 dari 10 lansia di Indonesia masih belum menerima vaksin dosis lengkap.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

X