Mau Tahu Alasan BBM Premium dan Pertalite Dihapus? Ini Penjelasan Pertamina

- Sabtu, 25 Desember 2021 | 06:55 WIB
Cegah Kelangkaan BBM Di Daerah Pelosok, Menteri ESDM Desak BPH Migas dan Pertamina Perbanyak Pertashop (Pertamina/Tangkapan Layar)
Cegah Kelangkaan BBM Di Daerah Pelosok, Menteri ESDM Desak BPH Migas dan Pertamina Perbanyak Pertashop (Pertamina/Tangkapan Layar)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - BBM Premium digadang-gadang akan mulai dihapus minggu depan. Pasalnya, pemerintah akan melakukan masa transisi yang memungkinkan BBM RON 90 digunakan sebagai bahan bakar menuju BBM ramah lingkungan.

Salah satu alasan penghapusan ini adalah kesadaran masyarakat dalam menggunakan BBM dengan kualitas yang lebih baik. Jadi, BBM jenis Premium dan Pertalite perlahan mulai ditinggalkan.

Baca Juga: PKS Tolak Wacana Pemerintah Naikkan Harga Pertalite, Ini Alasan

Pemerintah juga berencana menghapus BBM Pertalite dan kini tengah menyusun roadmap BBM ramah lingkungan. Pertalite pun akan tergantikan keberadaannya.

Sebelumnya, perubahan dari Premium ke Pertalite diprediksi mampu menurunkan kadar emisi CO2 sebesar 14%. Selanjutnya, perubahan akan dilanjutkan ke Pertamax untuk menurunkan emisi sebesar 27%.

Baca Juga: PKS: Alasan Pertamina Hapuskan BBM Premium Menyesatkan 

Secara umum, Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting memaparkan, minat masyarakat terhadap BBM Premium secara umum telah menurun.

"Iya masyarakat sudah bijak memilih BBM berkualitas," katanya dikutip dari Okezone.com, Sabtu (24/12/2021). (*)

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

X