SE Menag Soal Natal 2021, Umat Usia 60 Tahun ke Atas dan Ibu Hamil Diimbau Ibadah di Rumah

- Sabtu, 25 Desember 2021 | 07:15 WIB
Pekerja melakukan persiapan jelang ibadah Natal, di Gereja Katedral, Jakarta, Senin (20/12/2021). (ANTARA FOTO/Reno Esnir/hp)
Pekerja melakukan persiapan jelang ibadah Natal, di Gereja Katedral, Jakarta, Senin (20/12/2021). (ANTARA FOTO/Reno Esnir/hp)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 33 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 dalam Pelaksanaan Ibadah dan Peringatan Hari Raya Natal Tahun 2021, yang terus disosialisasikan kepada masyarakat.

Demikian dikatakan Plt. Direktur Jenderal Bimas Kristen Kemenag RI, Pontus Sitorus, dalam Dialog Produktif dari Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) – KPCPEN, Jumat (23/12/2021).

Baca Juga: Perayaan Misa Natal di Sumatera Barat Berjalan Aman

“Intinya masyarakat diminta melaksanakan dengan baik agar tujuan pencegahan dan penanggulangan COVID-19 terutama di Nataru 2021 bisa tercapai,” ujar Pontus.

Ia menambahkan, isi Surat Edaran No 33 Tahun 2021 itu antara lain mencakup pelaksanaan pengetatan dan pengawasan prokes di gereja/tempat yang difungsikan sebagai gereja dengan ketentuan sesuai PPKM.

Baca Juga: Kunjungi PLTA Saguling, Menteri ESDM Pastikan Keandalan Pasokan Listrik Natal dan Tahun Baru

“Gereja diminta membentuk satgas prokes yang berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 di daerah masing-masing. Selain itu, dalam pelaksanaan ibadah hendaknya dilakukan dengan tidak berlebihan, lebih menekankan persekutuan di tengah keluarga,” ujarnya.

Selain itu, ibadah sebaiknya dilaksanakan di ruang terbuka jika memungkinkan. Namun jika dilakukan di dalam gereja, dianjurkan untuk melakukan ibadah secara hybrid (dilakukan di gereja dalam jumlah jemaat terbatas dan daring yang sudah disiapkan pengurus gereja).

“Jumlah umat yang boleh mengikuti ibadah di gereja tidak melebihi 50% dari kapasitas ruangan. Jam operasional gereja/ tempat yang difungsikan sebagai gereja maksimal sampai pukul 22.00 waktu setempat,” ujar Pontus.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Pertamax Cs Turun Tapi Solar Nonsubsidi Naik

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 18:05 WIB
X