Menhub Budi Karya Positif Corona, Luhut Ambil Alih Jabatan

- Sabtu, 14 Maret 2020 | 22:39 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif virus corona atau Covid-19. Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengangkat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Perhubungan sementara atau Menteri Ad Interim.

"Presiden menugaskan Menko Luhut sebagai Menteri Perhubung Ad Interim. Dengan begitu, fungsi kementerian tidak akan terganggu," ujar Pratikno dalam siaran langsung, Sabtu (14/3/2020).

Budi Karya Sumadi saat ini dirawat di RSPAD Gatot Subroto. Budi Karya tercatat sebagai kasus nomor 76. Belum dijelaskan kapan Budi Karya mulai terjangkit dan diisolasi. Meski demikian, Pratikno memastikan kesehatan Budi Karya semakin membaik.

Berdasarkan catatan Tempo, sebelum terkonfirmasi positif virus corona, Budi Karya dinyatakan menderita tifus dan asma. Sebelum sakit, Budi Karya sempat muncul ke publik saat dia menyaksikan langsung proses pemulangan ke-69 WNI ABK Diamond Princess di Bandara Kertajati, Majalengka, akibat wabah virus corona. Acara itu berlangsung pada 2 Maret 2020. 

Beberapa hari setelahnya, Menhub Budi Karya dikabarkan sakit. Namun, setelah itu, Budi Karya kembali muncul ke acara negara untuk bertemu dengan Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Negara Belanda, Cora Van Nieuwenhuize, guna membahas peluang kerja sama di sektor transportasi. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu 13 Maret 2020.

Pada kesempatan tersebut kedua negara menandatangani Letter of Intent antara Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) dengan CEO Innovam Belanda. Innovam merupakan lembaga yang bergerak di bidang pelatihan dan pemagangan tenaga terampil otomotif bertaraf Internasional yang berpusat di Belanda.

Dalam pertemuan itu, Menhub Budi Karya sempat menawarkan sejumlah proyek infrastruktur transportasi di Indonesia termasuk pengembangan transportasi pintar di Ibu Kota Baru, Kalimantan Timur. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Terungkap! Ternyata TWK Usulan BKN

Sabtu, 24 Juli 2021 | 03:20 WIB

Ini Imbas PPKM, Pendaftar CPNS Turun Tahun Ini

Sabtu, 24 Juli 2021 | 02:56 WIB

Kerumunan Ritual Mistis Dibubarkan Polsek Nongsa

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:10 WIB

Ngabalin Yakini Jokowi Bisa Mengatasi Pandemi

Jumat, 23 Juli 2021 | 14:20 WIB
X