Ganasnya Virus Corona, 100 Dokter di Italia Tewas

- Kamis, 9 April 2020 | 20:56 WIB

ROMA, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 100 dokter Italia dinyatakan tewas akibat virus corona pada Kamis (9/4/2020). Laporan itu disampaikan oleh Asosiasi Kesehatan Italia FNOMCeO.

Juru bicara FNOMCeO mengatakan sebanyak 100 dokter di Italia meninggal akibat virus corona. Mungkin sekarang menjadi 101.

Sebelumnya, diketahui bahwa banyak pekerja kesehatan yang tewas di sepanjang wabah virus corona di dunia memiliki angka lebih tinggi sebesar 14 persen di Italia dan Spanyol.

Meski begitu, negara-negara lain juga mencatat angka kematian tenaga medis yang besar seperti di pusat wabah pertama kali di Wuhan, China, di Inggris, Spanyol, Perancis dan Iran.

Berdasarkan data dari International Council of Nurses, Howard Catton selaku pejabat pimpinan eksekutif mengatakan,

"Terdapat pula kematian di antara para perawat di Italia dan Spanyol, juga di Iran dan Indonesia. Beberapa dari mereka bahkan melakukan tindakan bunuh diri," katanya dikutip dari Kompas.com, Kamis (9/4/2020).

Jumlah total kematian dokter di Italia termasuk dokter yang sudah pensiun dan bekerja lagi karena kebutuhan tenaga medis sangat tinggi.

Pemerintah Italia sebelumnya diketahui memanggil para dokter yang sudah pensiun pada bulan Maret untuk membantu penanganan kasus infeksi virus corona yang semakin meningkat di Italia.

Selain para dokter, media Italia juga melaporkan sebanyak kurang lebih 30 perawat dan asisten perawat juga tewas akibat Covid-19.

"Kami tidak lagi bisa mengizinkan para dokter dan petugas kesehatan kami dikirim untuk 'berperang' tanpa perlindungan terhadap virus," kata presiden FNOMCeO, Filippo Anelli di situs asosiasinya.

Dia menambahkan, kalau pertarungan seperti itu sangat tidak adil.

Sementara itu, Lembaga kesehatan masyarakat ISS Roma memperkirakan bahwa 10 persen dari mereka yang terinfeksi virus corona baru di Italia bekerja dalam perawatan kesehatan. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Status Irjen Napoleon Ditentukan Pekan Depan

Sabtu, 25 September 2021 | 22:20 WIB

Hari Ini Kasus Covid-19 di Indonesia Bertambah 2.137

Sabtu, 25 September 2021 | 19:45 WIB

Ini 7 BUMN yang Mau Dibubarkan Erick Thohir

Sabtu, 25 September 2021 | 19:30 WIB

Mana yang Mahal Harga BBM RI atau Malaysia?

Sabtu, 25 September 2021 | 18:22 WIB
X