PLN Peduli Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, Kolaborasi dengan IKM Ciptakan E-Boat

- Rabu, 29 Desember 2021 | 20:14 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

MATARAM, HARIANHALUAN.COM - PLN melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan PLN Peduli membantu Industri Kecil Menengah di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam menciptakan perahu listrik (E-Boat). Hal ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan ekosistem kendaraan listrik di wilayah tersebut.

Program ini juga merupakan bagian dari strategi TJSL Creating Share Value (CSV) yang mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan sekaligus memberikan nilai baik bagi masyarakat maupun bagi perusahaan.

Baca Juga: Tingkatkan Rasio Elektrifikasi Desa, PLN Nyalakan Listrik Desa di Siberut Utara

“Ini peluang bagus PLN menangkap industrialisasi. Bagian langkah kecil yang apabila dikawal akan memberikan dampak yang besar bagi NTB di masa depan“, ujar Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi.

Lalu Gita juga menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN, yaitu berupa penerapan green teknologi yang melibatkan Industri Kecil Menengah (IKM) di NTB.

Baca Juga: Cerita Menteri Erick Thohir Peluk ODHA yang Dapat Dukungan PLN  

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran mengungkapkan, pembuatan E-Boat merupakan salah satu bentuk komitmen PLN terhadap pengembangan ekosistem kendaraan listrik, salah satunya electrifying marine. Melalui program TJSL, PLN memberikan bantuan sekitar Rp 500 juta, untuk membangun E-Boat ini dengan menggandeng IKM di bawah binaan Dinas Perindustrian Provinsi NTB.

“Ini merupakan satu lompatan besar di NTB untuk teknologi kendaraan listrik. Setelah sebelumnya berkolaborasi untuk sepeda listrik Matric, PLN kembali meluncurkan E Boat,” jelas Lasiran.

Tak hanya kendaraannya, PLN juga telah mempersiapkan infrastruktur yang diperlukan untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Sejumlah titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) telah dibangun tersebar di beberapa lokasi, sehingga memudahkan pemilik kendaraan listrik mengisi energi baterai kendaraanya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

X