Edan, Anggota Marinir AS Cukur Rambut Massal di Tengah Pandemi Corona

- Rabu, 15 April 2020 | 06:42 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sebuah kebijakan kontroversial tengah menjadi sorotan di Amerika Serikat (AS). Bagaimana tidak, sejumlah anggota Marini AS (US Marines) diperintahkan untuk mencukur rambut secara massal di Camp Pandleton, California.

Seperti yang diketahui, Angkatan Laut AS (US Navy), di mana US Marines menginduk, jadi matra dengan jumlah kasus COVID-19 tertinggi di institusi militer Negeri Paman Sam. Jelas, hal ini membuat Menteri Pertahanan AS, Mark Thomas Esper, murka.

Masalah ini berawal dari unggahan akun Twitter dengan nama @MilDefInsider. di Twitter pribadinya. Dalam video tersebut, tampak sejumlah anggota US Marines berbaris menunggu giliran untuk mencukur rambut di Camp Pandleton.

Video ini sontak jadi sorotan. Sebab dalam video itu, tak ada satu pun anggota US Marines menjaga jarak (Social Distancing), dimana hal tersebut sangat dianjurkan di tengah wabah Virus Corona atau COVID-19. Tak cuma itu, para anggota Marinir AS ini juga tak satu pun yang mengenakan masker di wajahnya.

"Video sekelompok tentara AS yang mengantre untuk memotong rambut menimbulkan pernyataan soal social distancing di militer," bunyi pernyataan akun @MilDefInsider.

Setelah melihat video yang disaksikan lebih dari 70 ribu kali, Esper pun mengeluarkan reaksi keras. Tak segan, Esper menuding Komandan Marinir AS, Jenderal David Berger, lalai mengawasi anak buahnya.

"Komandan, jika dia menontonnya, mungkin sudah berada di sana (Camp Pandleton). Tetapi jika dia bukan komandannya, tentu dia akan menelpon dan berkata, 'Apa yang sedang terjadi? Apakah kalian tidak mengerti? Jika perlu, tunda pemotongan rambut sampai kapan pun jangka waktunya," kata Esper. (*)

Editor: Administrator

Terkini

Agim, Anak Nelayan yang Ingin jadi Hafiz Quran

Jumat, 17 September 2021 | 17:45 WIB

Ini Daftar Lengkap 150 Pati TNI yang Dimutasi

Kamis, 16 September 2021 | 17:40 WIB

Ingat! Jika Langgar Hal Ini PNS Bisa Dipecat

Kamis, 16 September 2021 | 17:10 WIB
X