Fadli Zon Imbau Perantau Minang Tak Pulang Kampung pada Lebaran Tahun Ini

- Kamis, 16 April 2020 | 09:32 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Fadli Zon mengimbau perantau Minang untuk tidak pulang kampung pada Lebaran tahun ini dalam upaya mencegah mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Saya meminta agar orang-orang Minang di perantauan menunda mudik tahun ini, sampai situasi kondusif," kata Fadli Zon, di Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Menurut Fadli Zon, pulang kampung dalam kondisi normal untuk bersilaturahmi tatap muka dengan keluarga besar memang bernilai ibadah. 

Namun, dalam situasi seperti sekarang ini di tengah wabah virus corona maka tindakan itu bisa mendatangkan kemudharatan, bahkan menambah masalah.

"Karena itu, kami dari IKM meminta kepada seluruh masyarakat Minang untuk ikut berjuang menghentikan penyebaran Covid-19. Caranya dengan tidak mudik atau menunda mudik ke kampung tahun ini," imbau Fadli.

Sayangkan Sikap Pemerintah

Selaku anggota DPR, Fadli Zon menyayangkan sikap pemerintah yang tidak punya sikap tegas untuk pelarangan mudik. 

"Saya heran, kenapa sejauh ini pemerintah masih tarik ulur isu mudik ini. Masyarakat dibuat bingung oleh berbagai pernyataan yang saling bertentangan soal mudik oleh pejabat-pejabat pemerintah pusat," kata Fadli.

Fadli mengakui mudik saat menjelang lebaran memang telah menjadi tradisi turun-temurun. Tiap tahun, lebih dari 19 juta orang pulang kembali ke kampung halaman. Jumlah pemudik jauh lebih kolosal, dibanding peserta ibadah haji yang diikuti total 2,4 juta orang. 

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

2 Kunci Pengendalian Covid-19 Ala Presiden, Simak!

Rabu, 22 September 2021 | 16:15 WIB

Sabar! Pemerintah Belum Putuskan Cuti Bersama 2022

Rabu, 22 September 2021 | 13:07 WIB
X