Pemerintah Daerah Diminta Tingkatkan Pengawasan Cegah Omicron Meluas

- Minggu, 2 Januari 2022 | 07:15 WIB
Ilustrasi omicron
Ilustrasi omicron

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak masyarakat melewati perayaan tahun baru dengan semangat memutus penularan COVID-19. Meski tak ada penyekatan, masyarakat diharapkan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah transmisi lokal varian omicron.

"Tahun baru 2022, masyarakat diajak melewati perayaan tahun baru dengan semangat memutus penularan COVID-19," ujar Johnny.

Baca Juga: Delmicron Muncul Setelah Omicron, WHO: Ancaman Kembar Oleh Varian Delta

Menkominfo juga meminta seluruh pemerintah daerah agar terus tingkatkan pengawasan di berbagai titik untuk mengantisipasi mobilitas warga.

"Tak kalah penting, seluruh Pemda agar terus tingkatkan pengawasan di berbagai titik untuk mengantisipasi mobilitas warga," tegasnya.

Baca Juga: Pakar Sebut Omicron Akan Segera Menggantikan Delta Sebagai Varian Global Dominan

Menkominfo menjelaskan, tidak adanya penyekatan selama tahun baru dikarenakan kondisi COVID-19 di Indonesia relatif terkendali dan tidak ada lagi daerah yang berada zona merah maupun oranye. Namun Johnny memastikan, pemerintah tetap berhati-hati dan menjalankan sejumlah langkah untuk mengantisipasi lonjakan COVID-19 akibat momentum tahun baru.

"Meski tak ada penyekatan, tetap disiplin prokes untuk mencegah transmisi lokal varian omicron," katanya.

Menkominfo memaparkan, langkah antisipasi itu tertuang dalam Inmendagri No. 66/2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 Pada Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, yang menekankan beberapa hal, seperti:

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

X