Berakhir Hari Ini, PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang Lagi Hingga 17 Januari 2022

- Senin, 3 Januari 2022 | 17:30 WIB
Airlangga Hartarto (ekon.go.id)
Airlangga Hartarto (ekon.go.id)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) luar Jawa-Bali dari Selasa (4/1) besok hingga 17 Januari 2022 mendatang. Perpanjangan dilakukan setelah PPKM luar Jawa Bali akan berakhir pada Senin (3/1) hari ini.

"Khusus di luar Jawa Bali akan ada perpanjangan yaitu periode pelaksanaan, walaupun situasinya seluruhnya tadi disampaikan juga terkendali, akan diperpanjang 14 hari yaitu tanggal 4 -17 Januari," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Airlangga Hartarto dikutip dari Republika.co.id, Senin (3/1).

Baca Juga: Pelaksanaan PPKM Level 2 Pekanbaru Diperpanjang Lagi

Airlangga mengatakan, penanganan Covid-19 di Indonesia masih tetap terkendali. Ia menyebut, angka reproduksi kasus efektif rata-rata nasional masih di bawah satu.

"Angka reproduksi kasus efektif rata-rata masih tetap 0,98," ujar Airlangga.

Baca Juga: PPKM Level 3, Warga Mulai 'Kabur' dari Jakarta

Sementara, untuk wilayah PPKM di luar Jawa Bali, jumlah wilayah PPKM level 1 juga terus meningkat yakni dari 191 menjadi 227 kabupaten/kota. Kemudian wilayah PPKM level 2 menurun dari 169 ke 148 kabupaten/kota dan level 3 turun dari 26 menjadi 11 kabupaten kota. Sedangkan wilayah PPKM level 4 saat ini sudah tidak ada.

"Dari segi penanganan Covid seluruhnya di level 1, namun responsnya masih ada yang terkait dengan vaksinasi Yang masih di bawah 70 persen dan juga tingkat tergantung daripada responsnya," ujar Airlangga.

Sebelumnya, PPKM luar Jawa-Bali yang diperpanjang akhir tahun akan berakhir 3 Januari hari ini. Sebelumnya, PPKM ini mengikuti mekanisme aturan Natal dan Tahun Baru yakni Instruksi Mendagri Nomor 66 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 saat Natal dan Tahun Baru. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: republika.co.id

Tags

Terkini

Pengumuman! Pemerintah Segera Hapus PPKM

Senin, 23 Mei 2022 | 11:11 WIB
X